Macam Batu Mineral


Macam batu mineral yang terdapat di Indonesia yang sangat terkenal adalah batu akik. Beragam warna menjadikan jenis batu ini banyak diburu. Apalagi beberapa orang mengaitkan keberadaan batu akik ini dengan dunia mistis. Mereka percaya bahwa batu tertentu akan memberikan keberkahan. Inilah satu kepercayaan yang seharusnya tidak berkembang.

Batu dari dalam Perut Bumi

Semua macam batu mineral itu lebih dikenal sebagai batu permata. Dikatakan ‘permata’ karena mempunyai keindahan dan harga yang tinggi. Batu mineral yang banyak ditemukan dalam perut bumi Indonesia, misalnya zamrud, biduri laut, kuarsa, safir, berlian, dan akik.

Berlian yang cukup besar pernah ditemukan di daerah bagian timur Indonesia. Begitu besarnya berlian itu sehingga dihargai miliaran rupiah pada saat itu. Sayangnya, uang itu menciut menjadi jutaan ketika pemerintah Indonesia memutuskan untuk mengurangi nilai mata uang karena inflasi yang tak tertahankan lagi.

Hingga saat ini, upaya mencari batu mineral tetap terus dilakukan. Kalimantan dan Papua menjadi tempat yang paling banyak diburu karena tanahnya mengandung begitu banyak jenis batu mineral. Para penambang tradisional mempertaruhkan nyawa demi bongkahan batu mineral ini.

Sedangkan perusahaan seperti Freeport dan Newmont menggunakan peralatan modern sehingga bisa menambang begitu banyak jenis batu mineral. Ada yang mengatakan bahwa Indonesia menjadi tempat paling menguntungkan bagi Freeport. Namun, kekayaan ini tidak memberikan manfaat yang besar bagi rakyat Papua.

Sinar Berlian

Batu mineral yang dianggap mempunyai kekuatan yang luar biasa adalah berlian. Berlian tidak hanya untuk perhiasan. Berlian yang mampu menembus perut bumi setelah disatukan dengan alat bor menjadi rebutan banyak orang. Harganya sangat mahal. Beberapa karat saja bisa mencapai miliaran rupiah.

Bagi wanita, sinar berlian ini adalah sinar keabadian cinta yang diberikan oleh orang yang dicintainya. Walaupun ternyata hal ini tidak seindah dalam kenyataannya, tetap saja setiap wanita mendambakan berlian. Begitu hebatnya pengaruh berlian hingga para penipu pun membuat berlian tiruan. Hanya dengan alat khusus, maka berlian itu bisa dipastikan asli atau tidak.

Sertifikat yang diberikan oleh penjual juga bisa menjadi salah satu bukti keaslian sebuah batu berlian. Kalau memang mau membeli batu mineral, sebaiknya ke tempat yang bisa dipercaya. Biasanya batu mineral asli itu akan terasa dingin ketika disentuhkan ke pipi, berbeda kalau ada campuran plastik. Beratnya terkadang bisa sama sehingga tidak bisa menjadi patokan.

Macam batu mineral ini tetap diburu. Bahkan toko online pun menjualnya dengan kisaran harga yang cukup variatif.

Selanjutnya : Contoh Topik Karya Ilmiah dengan Tema Remaja
Sebelumnya: Potret Masyarakat dalam Resensi Novel Robohnya Surau Kami
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar