Mengenal Macam dan Ciri Ayam Hias

Pada umumnya, ayam yang dikenal oleh masyarakat luas adalah ayam yang menghasilkan telur atau ayam petelur dan ayam yang dibudidayakan untuk diambil dagingnya atau ayam potong. Padahal selain kedua jenis ayam tersebut masih ada jenis ayam lainnya yakni ayam hias. Macam dan ciri ayam hias ini tentu berbeda dengan ayam petelur dan ayam potong. Ayam hias memiliki keunikan dan daya tarik sendiri sehingga dipelihara oleh para penggemar satwa.

Mengenal Ayam Hias

Loading...

Ayam hias yang bisa dipelihara memiliki beragam jenis. Ada jenis ayam hutan merah, ayam hutan hijau, ayam kapas, ayam sumatera, ayam polandia, ayam kate serama dan beberapa jenis ayam lainnya. Beragam macam dan ciri ayam hias ini bisa dikenali dengan mudah.

Ayam hutan merah sekilas memiliki ciri seperti ayam jantan biasa tetapi dengan bentuk jengger bergerigi dan berwarna merah. Bulu-bulunya pun lebih tebal dan mengkilat. Ayam hijau hutan memiliki ciri bulu di bagian dada berwarna hitam bercampur dengan warna hijau dengan bagian ujung yang berwarna kekuningan. Bulu di bagian lehernya kecil-kecil dan berwarna merah kekuningan.

Ayam hijau hutan ini cukup pendek dan panjangnya kurang lebih 40 cm dengan suara yang melengking merdu. Sedangkan ayam kapas memiliki ciri-ciri bulu seperti kapas yang berwarna putih dan tubuh yang mungil.

Jenis ayam yang terbilang paling unik adalah jenis ayam sumatera dan ayam kate serama. Ayam sumatera memiliki ukuran tubuh yang pendek dan bulu-bulu berwarna hitam dengan jengger berwarna merah. Meskipun tubuhnya kecil, ayam ini memiliki perawakan yang tegap seperti seorang prajurit. Ciri-ciri yang hampir mirip ayam sumatera dimiliki ayam kate serama. Ukuran tubuhnya kecil tetapi tegap dengan warna bulu seperti ayam jantan biasa. Keunikannya, ayam ini terlihat gagah dan tegap meski ukuran tubuhnya kecil.

Budidaya Ayam Hias

Beragam macam dan ciri ayam hias tak hanya diminati untuk dipelihara sebagai hewan penghibur. Sebagian orang menekuni budidaya ayam hias untuk meraup keuntungan. Semakin unik tampilan seekor ayam hias, harganya pun semakin tinggi. Contohnya saja ayam kate serama yang harga anakannya saja bisa mencapai nilai jutaan rupiah. Ayam hias ini banyak diminati oleh para pencinta satwa baik dalam negeri maupun luar negeri.

Beberapa pencinta satwa juga menggunakan ayam hias untuk dikawinkan silang dengan jenis ayam hias lainnya agar mendapatkan turunan yang unik. Keunikan ayam hias hasil anakan inilah yang membuat harganya semakin melambung tinggi.

Loading...
Selanjutnya : Berbagai Macam Pemanfaatan Zat Radioaktif
Sebelumnya: Lagu-lagu Kangen Band Tahun 2007
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar