Macam Gerak Berdasarkan Sifatnya


Setiap makhluk hidup pasti bergerak dengan berbagai macam sebab dan tujuan. Tahukah Anda ada banyak macam gerak berdasarkan sifatnya. Ilmu Fisika yang khusus membahas tentang gerak benda disebut Kinematika.

Pembahasan tentang gerak dinyatakan oleh Hukum I Newton yang dikenal dengan Hukum Kelembaman/Hukum Inersia dimana setiap benda cenderung mempertahankan keadaan diam bila tidak ada gaya yang mempengaruhi atau benda bergerak karena dipengaruhi oleh gaya yang bekerja pada benda tersebut.

Pengertian gerak mencakup adanya perubahan atau perpindahan posisi/kedudukan suatu benda dari titik keseimbangan awal bila dibandingkan dengan sesuatu yang dianggap diam. Gerak ini bisa menjauhi ataupun mendekati benda lain. Berikut ini macam-macam gerak yang perlu Anda ketahui:

Gerak Lurus; adalah gerak suatu benda yang melewati lintasan garis lurus. Misalnya gerak jatuhnya buah dari pohon atau gerak rotasi bumi. Gerak lurus terbagi dua yaitu: 1) gerak lurus berubah beraturan (GLBB) ketika benda bergerak dengan kecepatan yang berubah-ubah dari waktu ke waktu secara tidak beraturan misalnya mobil yang terjebak di jalanan macet atau jatuhnya tetesan air hujan dari atap; dan 2) gerak lurus beraturan (GLB) dimana benda bergerak dengan kecepatan tetap atau stabil secara lurus beraturan misalnya mobil di jalan tol, kereta api di rel yang lurus.

Gerak Ganda; adalah ketika suatu benda bergerak secara bersamaan dengan benda-benda lain di sekitarnya. Misalnya seorang perempuan membuang sampah dari angkot saat angkot berjalan, maka terjadi gerak sampah terhadap bumi/tanah, gerak perempuan tersebut membuang sampah, dan gerak terhadap angkot.

Gerak Relatif atau Gerak Semu; adalah gerak yang bukan atau tidak sebenarnya (ilusi) atau gerak yang sifatnya seolah-olah bergerak. Misalnya matahari yang bergerak dari timur ke barat padahal bumilah yang berputar pada porosnya atau ketika melihat pergerakan benda dari luar mobil yang kelihatan seperti bergerak.
Gerak Melingkar; adalah gerak yang merupakan bagian dari lingkaran atau gerak dengan lintasan berbentuk lingkaran. Misalnya gerak planet-planet mengelilingi matahari atau ujung jarum jam.

Gerak Parabola; adalah gerak benda yang melewati lintasan dengan bentuk parabola. Gerak parabola ini amat dipengaruhi oleh gaya gravitasi. Contohnya dalam sepakbola ketika bola yang ditendang melambung ke atas kemudian jatuh lagi ke bawah.

Demikian artikel mengenai macam gerak berdasarkan sifatnya. Semoga berguna bagi Anda.

Selanjutnya : Tips Bermain Ninja Saga
Sebelumnya: Manfaat Buah Pepaya Bagi Tubuh
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar