Macam-macam Iklim yang Ada di Bumi


Iklim merupakan kondisi cuaca rata-rata pada suatu wilayah dengan cakupan yang luas dan berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Ada berbagai macam iklim yang ada di bumi. Kondisi iklim suatu wilayah di bumi sangat bergantung pada posisi garis lintang dan ketinggiannya di muka bumi. Jika dilihat dari garis lintang dan ketinggian suatu wilayah di bumi, maka ada dua macam iklim yang dapat dibedakan, yaitu:

A.  Iklim Matahari

Iklim ini ditentukan pada banyak dan sedikitnya sinar matahari yang mengenai suatu wilayah di permukaan bumi. Iklim matahari terdiri atas.

1.    Iklim Tropis

Hampir 40% permukaan bumi beriklim tropis, iklim ini terletak antara 0°–23,5° LU/LS. Suhunya berada pada kisaran 20°–30oC.

2.    Iklim Subtropis

Wilayah iklim ini merupakan peralihan dari iklim tropis ke iklim sedang. Daerahnya terletak di antara 23,5°–40°LU/LS.

3.    Iklim Sedang

Terletak pada 40°–66,5° LU/LS. Wilayah dengan iklim ini sering mengalami tekanan udara yang berubah-ubah begitu pula dengan tiupan arah angin, sehingga seringkai terjadi badai secara tiba-tiba.

4.    Iklim Dingin

Iklim ini terdapat di wilayah kutub, baik kutub utara maupun kutub selatan, sehingga dikenal juga dengan sebutan iklim kutub. Iklim ini terbagi atas dua bagian, yaitu iklim tundra dan iklim es.

B.  Iklim Fisis

Iklim fisis merupakan keadaan iklim yang didasarkan pada kondisi dan fakta sesungguhnya di permukaan bumi. Kondisi ini banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti lautan, daratan, bentuk relief permukaan bumi, hujan, dan angin. Iklim fisis terdiri atas.

1.    Iklim Laut

Iklim laut berada di wilayah tropis, subtropics, dan wilayah sedang. Pada ketiga wilayah itu keadaan iklimnya sangat berbeda.

2.    Iklim Darat

Terdiri atas iklim tropis, subtropics, dan sedang

3.    Iklim Dataran Tinggi

Terdapat di daerah dataran tinggi

4.    Iklim Gunung

Terdapat di daerah pegunungan yang sangat tinggi, seperti di Tibet.

5.    Iklim Musim (Muson)

Ditandai dengan perubahan musim setiap enam bulan, yaitu musim hujan dan kemarau.

Demikian ulasan mengenai beberapa macam iklim yang terdapat di permukaan bumi. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca.

Selanjutnya : Batuk Berdarah pada Anak
Sebelumnya: Daftar Tempat Wisata Di Singapore
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar