Macam Kondisi Psikologis pada Anak


Anak merupakan karunia Tuhan yang dinanti setiap pasangan. Tentu saja, anak yang dititipkan Tuhan ini adalah amanah yang harus ditunaikan dengan sebaik mungkin. Tanggung jawabnya meliputi semua aspek dalam kehidupan seorang anak, termasuk perkembangan emosionalnya. Karena itu, sebagai orang tua, kita harus mengetahui macam kondisi psikologis pada anak, apa saja yang mempengaruhinya, dan bagaimana menyikapinya.

Anak dilahirkan dari rahim seorang ibu dengan berbagai kondisi dan karakter. Pola asuh yang ditanamkan pun akan berbeda-beda pada setiap keluarga. Hal inilah yang menentukan kondisi psikologis pada anak.

Selain pola asuh, lingkungan sekitar pun berperan penting dalam membentuk karakter anak. Pola asuh orang tua secara garis besar dibagi menjadi 3 jenis, yaitu pola asuh otoriter, demokratis, dan bebas.

Pola Asuh Otoriter

Pola asuh otoriter ialah pola asuh yang keras, di mana orang tua senantiasa memaksakan kehendaknya pada sang anak. Anak tidak diberi kesempatan berpendapat.

Bagi orang tua, merekalah yang benar dan anak harus menuruti semua itu. Pada pola asuh ini, hukuman bisa jadi sering diberikan pada anak jika berbuat kesalahan. Bahkan tak jarang, hukuman fisik pun dilayangkan.

Pola asuh ini tentu membentuk kondisi psikologis yang tidak baik bagi anak. Anak akan tumbuh dalam ketakutan dan kekerasan. Anak seperti ini bisa menjadi anak yang penakut dan minder.

Sebaliknya, saat besar anak tersebut akan menjadi pemberontak yang selalu menggunakan kekerasan dalam setiap tindakan dikarenakan merasa itu cara balas dendam atas semua perlakuan orang tuanya semasa kecil.

Pola Asuh Demokratis

Pola asuh demokratis merupakan pertengahan dari pola asuh otoriter dan bebas. Orang tua memberi ruang pada anak untuk berpendapat, tapi juga tegas menyikapi perbuatan anak yang kurang baik.

Jika anak berbuat baik, orang tua tak segan memberikan reward. Namun sebaliknya, akan ada punishment yang sewajarnya jika anak berbuat kesalahan.

Pola Asuh Bebas

Dalam pola asuh bebas anak sangat diberi kebebasan. Namun, kebebasan tersebut terlalu kebablasan. Orang tua akan senantiasa menuruti keinginan anaknya, asalkan anak senang.

Tidak ada aturan yang membatasi perlakuan anak, anak tumbuh menjadi anak yang semaunya, egois, dan tidak bertanggung jawab.

Itulah jenis pola asuh yang diterapkan orang tua pada seorang anak. Macam kondisi psikologis dapat dibentuk berdasarkan pola asuh yang dipakai. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Macam-macam Arus Listrik
Sebelumnya: Luar Biasanya Film India Kolosal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar