Macam Loncat Indah


Macam loncat indah termasuk bagian dari olahraga renang yang hendaknya diketahui oleh para atlet renang. Atau tidak menutup kemungkinan, bagi Anda para pecinta olahraga air termasuk renang maupun loncat indah itu sendiri. Olahraga ini jelas dilakukan di kolam renang karena membutuhkan papan sebelum loncat dengan macam tertentu ke dalam air. Hal itu bukan termasuk kegiatan yang mudah dilakukan, tapi membutuhkan belajar serta latihan secara maksimal.

• Loncat Indah

Loncat indah ini sudah menjadi bagian cabang olahraga renang yang sering diperlombakan dalam kegiatan lomba olahraga tingkat nasional maupun internasional. Adapun jenis penilaiannya antara lain dari sisi keindahan loncatnya, banyaknya putaran tubuh yang dihasilkan sebelum akhirnya jatuh ke air, serta penilaian sisi lainnya. Oleh karena itu, penguasaan teknik loncat indah harus sering dilakukan, dilatih serta dipelajari. Jangan hanya sesukanya terlebih lagi jika ingi mahir setingkat atlet.

Pengertian dari loncat indah yaitu salah satu cabang olahraga dari renang berupa gerak akrobatik udara berada di atas permukaan air. Itulah mengapa dikatakan sebagai cabang olahraga yang membutuhkan keindahan ataupun kemampuan memutar-mutar indah sebelum jatuh ke air. Berikut macam dari loncat indah yakni loncat dengan jatuh lurus, pike, serta menggunakan 1 kaki.

• Berlatih Loncat Indah

Sebelum dapat dikatakan melakukan loncatan dengan kategori indah, tentunya harus sering latihan agar hasilnya maksimal. Adapun latihan loncat di sini berkaitan dengan teknik dalam loncat indah. Mulai dari teknik loncat indah pike, jatuh lurus hingga dengan menggunakan 1 kaki. Misalnya saja teknik melakukan latihan loncat dengan menggunakan 1 kaki ada 3 tahap yakni persiapan, pelaksanaan serta gerak lanjutannya. Penjelasannya sebagai berikut.

1. Pada tahap persiapan, silakan Anda mulai dengan belajar berdiri dengan 1 kaki di depan, di mana jari kaki menekuk pada dinding kolam renang, lengan keduanya lurus, badan posisi bungkuk serta lutut kaki yang berada di depan dikunci.

2. Selanjutnya tahap pelaksanaan dapat dilakukan dengan mengangkat kaki belakang, badan dijatuhkan ke bawah, kaki belakang harus terus naik hingga vertikal serta tangan menyentuh air terlebih dulu.

3. Tahap terakhir yaitu gerak lanjutan berupa kembali pada permukaan air.

Semoga dengan adanya ulasan mengenai macam loncat indah diikuti teknik untuk latihannya dapat membantu Anda melakukan latihan loncat indah secara rutin. Namun, jangan lupa untuk melakukan pemansan terlebih dahulu sebelum berenang agar menghindari ketegangan otot yang bisa menyebabkan cidera otot kaku.

Selanjutnya : Pengetahuan Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas
Sebelumnya: Jenis Jenis Metode Penelitian Kualitatif
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar