Macam-macam Agama yang Diakui di Indonesia


Sejak duduk di bangku SD, kita sudah diajarkan mengenai agama apa saja yang ada di Indonesia. Macam-macam agama yang dikenal di Indonesia ada banyak, namun hanya ada lima macam agama yang diakui. Macam-macam agama yang diakui di Indonesia antara lain sebagai berikut:

1.    Islam
Agama Islam merupakan salah satu agama yang diakui di Indonesia. Agama Islam mempunyai tempat ibadah yang disebut masjid. Pemuka dalam agama Islam mendapat julukan atau sebutan sebagai ustad atau imam. Kitab suci agama Islam adalah Alquran. Macam-macam hari besar yang dirayakan oleh umat agama Islam adalah hari raya idul fitri dan hari raya idul adha. Menurut kepercayaan agama Islam, Tuhan umat agama Islam adalah Allah SWT.

2.    Katolik
Agama Katolik mempunyai tempat ibadah yang disebut gereja. Pemuka dalam agama katolik mendapat julukan atau sebutan sebagai pastur. Kitab suci agama katolik adalah Alkitab yang sering disebut Injil. Macam-macam hari besar yang dirayakan oleh umat agama Katolik adalah natal, jumat agung, paskah, kenaikan Isa Almasih. Menurut kepercayaan agama Katolik, tuhan umat agama Katolik adalah Yesus Kristus.

3.    Kristen
Agama Kristen ini merupakan bagian dari agama Katolik. Sehingga agama Kristen banyak memiliki kesamaan dengan agama Katolik termasuk ajaran, kitab suci, dan tempat ibadah. Pemuka agama dalam agama Kristen disebut dengan pendeta.

4.    Hindu
Agama Hindu mempunyai tempat ibadah yang disebut pura. Pemuka dalam agama Hindu disebu sebagai wasi. Kitab suci agama hindu adalah kitab suci Weda. Hari besar yang dirayakan oleh umat agama Hindu adalah nyepi.

5.    Budha
Agama Budha mempunyai tempat ibadah yang disebut wihara. Pemuka dalam agama Budha disebut biksu/biksuni. Kitab suci agama Budha adalah kitab suci Tripitaka. Hari besar yang dirayakan oleh umat agama Budha adalah waisak.

Indonesia yang terdiri dari banyak agama dan budaya bisa dijadikan kebanggaan tersendiri. Apalagi jika persatuan dan rasa toleransi antarumat beragama dapat terjalin semakin erat. Inilah lima macam-macam agama yang diakui di Indonesia. Semoga dengan mengetahui agama lain, kita bisa semakin menghormati umat beragama lainnya.

Selanjutnya : Melatih Replek Main Bulutangkis Supaya Dapat Bermain Bulutangkis Bagus
Sebelumnya: Kiat-kiat Sukses Menjadi Humas Di Perusahaan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar