Macam-macam Akor Balok pada Gitar


Bagi anda yang berminat untuk bermain gitar, sekaranglah saatnya anda untuk berlatih bermain gitar. Namun sebelumnya anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang macam-macam akor balok pada gitar. AkorĀ  atau sering disebut juga chord namun orang lebih mengenalnya sebagai kunci adalah susunan beberapa nada yang akan dimainkan atau dibunyikan secara bersama-sama dan secara progesi (pergerakan). Akor balok inilah yang nantinya akan dijadikan sebagai rhythm pada saat anda akan berimprovisasi.

Namun pada intinya, dengan anda belajar memainkan gitar secara otomatis pula mempelajari tentang akor balok ini. Karena tidak mungkin kita bisa berimprovisasi tanpa kita mengetahui harmonisasi akornya. Akor sendiri ada bermacam-macam diantaranya adalah akor mayor, akor minor, akor diminished, akor augmented dan akor dominant.

Tetapi bagi pemula yang ingin berman gitar, anda cukup mempelajari tentang akor mayor dan minor saja. Akor dasar yang harus anda pelajari sebagai pemula pemain gitar diantaranya adalah kunci A mayor, kunci C mayor, kunci D minor, kunci D minor, kunci F minor dan kunci G mayor. Untuk gambar akor balok anda dapat mendownload di google. Dalam doogle sudah disediakan penjelasan lebih terperinci tentang akor balok tersebut.

Dalam belajar mengenal bentuk serta macam-macam akor balok dalam bermain gitar memang tak semudah apa yang kita bayangkan pada saat kita melihat para pemain gitar pintar dalam memainkan jari jemarinya di atas senar gitar. Bagi para pemula sebaiknya melakukan pemahaman terlebih dahulu mengenai contoh-contoh bentuk akor atau yang sering disebut kunci gitar ini yang ada pada buku atau kumpulan akor lagu lirik.

Namun, menurut kami anda hanya cukup memahami saja susunan nada yang ada pada buku lagu lirik tersebut. Karena jika anda mencoba untuk menghafal, maka anda akan mengalami kesulitan dalam menghafal ratusan bahkan ribuan bentuk akor gitar.

Untuk itu, membutuhkan latihan yang ekstra dalam memahami macam-macam akor balok pada gitar yang nantinya akan anda gunakan sebagai dasar dalam memainkan gitar sehingga membentuk melodi serta improvisasi yang selaras.

Selanjutnya : Menambah Penghasilan dengan Membuat Kerajinan dari Batu
Sebelumnya: Tokoh Perkembangan Boedi Oetomo
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar