Macam-macam Alat Musik Modern dan Keterangannya


Musik sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Banyak hal yang dikaitkan dengan musik, bukan hanya terbatas pada lagu saja, beberapa agama bahkan menjadikan musik sebagai pengiring kala berdoa. Alat musik mengalami perkembangan yang sejalan dengan perkembangan zaman. Setiap kebudayaan memiliki alat musik sendiri, yang beberapa di antaranya berkembang menjadi alat musik modern yang dikenal dan digunakan oleh berbagai bangsa secara luas. Berikut ini macam-macam alat musik modern dan keterangannya.

1.  Gitar

Gitar merupakan salah satu alat musik melodis. Pada umumnya, gitar memiliki enam buah dawai yang dimainkan dengan cara dipetik oleh jari atau menggunakan plektrum. Badan gitar berupa kotak berlubang yang berfungsi sebagai tabung resonansi yang dapat mengeraskan suara gitar, dan leher gitar yang berfungsi sebagai pengatur nada yang keluar dari gitar. Selain gitar akustik, ada pula gitar listrik yang memanfaatkan rangkaian elektronik untuk memanipulasi nada dan suara gitar hingga dapat menghasilkan kombinasi bunyi dan nada yang lebih kaya.

2.  Piano

Piano klasik merupakan salah satu alat musik yang juga berfungsi sebagai furnitur yang mewah. Paling sedikit ada 9000 bagian yang membentuk sebuah piano, mulai dari kayu yang berkualitas, ada pula unsur besi, baja, tembaga, kuningan, hingga kapas dan plastik. Maka tak salah, jika tidak semua orang memiliki piano jenis ini. Bunyi yang dihasilkan berupa nada-nada yang khas.

3.  Biola

Bagian-bagian biola memiliki kemiripan dengan gitar, tetapi hanya memiliki empat senar dan cara memainkannya dengan digesek. Biola disebut juga dengan violin atau fiddle jika digunakan sebagai pengiring lagu-lagu tradisional. Pemain biola atau pebiola dalam bahasa inggris disebut violinist, sementara pembuat atau ahli reparasi biola disebut luthier. Alat musik lain yang termasuk keluarga biola adalah viola, cello dan double bass atau kontra bass.

4.  Harmonika

Harmonika pertama ditemukan di negeri Cina sekitar 5000 pada masa kekaisaran Nyu-Kwa. Kala itu, alat musik ini disebut Sheng. Harmonika modern mulai dikenal tahun 1821 dan masih sederhana. Lalu, pada tahun 1826, harmonika modern mulai dikembangkan dan lebih spesifik dalam penentuan untuk bagian yang ditiup dan dihisap. Sejak tahun 1887, harmonika telah diproduksi dengan berbagai variasi yang disesuaikan ukuran dan peruntukkannya.

Demikian macam-macam alat musik modern dan keterangannya ini disampaikan dengan singkat. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Daftar Prestasi Pasukan Elit TNI
Sebelumnya: Bank yang Bisa Membayar Kartu Kredit BCA
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar