Macam-macam Angklung

Angklung adalah salah satu alat musik tradisional dari masyarakat Sunda. Terdapat macam-macam angklung di Indonesia. Angklung merupakan alat musik tang terbuat dari bambu. Alat ini bisa berbunyi jika digoyangkan. Bunyi ini disebabkan oleh benturan badan dari pipa bambu.

Diperkirakan, angklung sudah dipakai oleh masyarakat primitif nusantara. Walau begitu, catatan mengenai angklung baru muncul pada abad ke-12 Masehi.

Loading...

Bambu yang sering dijadikan angklung adalah bambu hitam dan bambu putih. Selain bertujuan untuk ritual musim penanaman padi, musik angklung juga dipakai untuk menggugah semangat dalam peperangan. Jenis angklung sendiri ada beberapa. Berikut ini beberapa jenis angklung yang ada di nusantara.

• Angklung Kanekes

Angklung ini berasal dari wilayah Kanekes, tempat suku Baduy. Angklung ini dipakai dalam ritual penanaman padi. Angklung dimainkan secara bebas di Baduy Jero atau dengan nada tertentu di Baduy Luar.

Permainan angklung bisa dimainkan dengan aturan tertentu. Angklung bisa dimainkan tiga bulan setelah penanaman pada masa mengobati padi. Setelah itu, angklung baru dimainkan pada musim menanam padi selanjutnya.

• Angklung Dogdog Lojor

Angklung ini dimainkan pada kesenian dogdog lojor. Kesenian ini ada di masyarakat Kasepuhan Pancer Pangawinan, di sekitar Gunung Halimun.

• Angklung Gubrag

Angklung ini ada di Cipinang, Cigudeg, Bogor. Angklung ini dipakai juga untuk menghormati dewi padi.

• Angklung Badeng

Angklung ini menekankan pada seni dan segi musikalitas. Angklung ini berasal dari Malangbong, Garut. Kesenian ini dipakai juga dalam dakwah Islam.

• Angklung Padaeng

Angklung ini dikenalkan oleh Daeng Soetigna pada tahun 1938. Angklung ini memakai nada diatonik yang sesuai dengan musik barat. Karena itu, angklung ini bisa memainkan lagu barat atau dimainkan dengan alat musik barat.

• Angklung Sarinande

Angklung ini memakai nada bulat tanpa nada kromatis. Angklung ini memiliki nada dasar C dan berisi delapan angklung.

Macam-macam angklung di atas masih dimainkan saat ini. Bahkan, kepopuleran alat musik ini sudah dikenal di mancanegara. Karena itu, kita juga perlu melestarikan alat musik, sehingga menjadi kearifan lokal yang menunjukkan karakter bangsa.

Loading...
Selanjutnya : Macam-macam Galaksi
Sebelumnya: Pengertian Mesin Fotocopy
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar