Macam-macam Aplikasi Design Grafis

Macam-macam aplikasi design terutama desain grafis salah satunya adalah Macromedia Freehand. Aplikasi ini biasa digunakan untuk membuat grafik dengan sudut pandang dua dimensi. Desain ini terlihat tidak terlalu beda dengan fitur yang dimiliki oleh CorelDraw. Namun tampaknya CorelDraw dianggap lebih memenuhi kebutuhan para penggiat desain grafis.

Aplikasi Desain Grafis Lainnya

Loading...

Selain kedua jenis aplikasi desain grafis tersebut, ada juga PageMaker yang juga merupakan aplikasi dari Adobe. Aplikasi satu ini biasa dimanfaatkan ketika akan membuat berbagai alat berpromosi seperti brosur, pembuatan logo perusahaan, poster, dan sebagainya.

Ketatnya persaingan di dunia promosi menuntut para penggiat bisnis kreatif berusaha menampilkan kreativitas yang terbaik. Tanpa adanya inovasi, masyarakat akan mudah bosan sehingga barang yang dipromosikan tidak akan dilihat.

Misalnya, dahulu belum ada foto cetak digital. Semua dicetak dalam brosur. Tulisannya pun kecil dan tidak menarik. Belum lagi biaya pembuatan yang cukup tinggi. Kini dengan bantuan komputer, sebuah banner bisa dibuat dalam waktu yang sangat singkat dengan gambar yang cukup bagus. Desainnya pun bisa menyesuaikan dengan yang diinginkan. Kemampuan para perancang banner menjadi sesuatu yang sangat penting.

Aplikasi Editing dan Aplikasi Percobaan

Tanpa adanya aplikasi editing, sepertinya bisnis kreatif satu ini akan sangat sulit berkembang. Lahirnya Photoshop, telah mengubah banyak pandangan orang terhadap dunia pengeditan gambar. Orang awam pun bisa belajar menggunakan aplikasi satu ini dengan mudah. Bagi para profesional, aplikasi Photoshop bukan satu-satunya. Masih banyak lagi aplikasi yang berasal dari Adobe.

Misalnya, Adobe Indesign, Adobe FrameMaker,  Adobe After Effect, dan Adobe Illustrator. Aplikasi ini bisa didapatkan secara mudah dan tidak harus membayar. Tapi ada beberapa aplikasi yang hanya bisa digunakan beberapa waktu karena memang hanya ‘trial’. Namun, bukan berarti aplikasi gratis tersebut tidak mempunyai kemampuan yang lumayan.

Aplikasi Lainnya

Quark Xpress, Corel Photo Paint, Macromedia Flash, 3Dx Max, dan Manga Studio. Semua aplikasi ini mampu membantu para penggiat desain grafis dalam melakukan pekerjaannya. Mulai dari membuat garis lurus hingga membentuk animasi yang bisa digunakan dalam pembuatan kartun sederhana.

Aplikasi-aplikasi tersebut bisa digunakan secara bersamaan. Misalnya, mulai menggambar dengan menggunakan CorelDraw. Setelah itu pengeditan dilakukan dengan menggunakan Photoshop atau aplikasi lainnya. Warna yang dibutuhkan terkadang tidak ada di fitur aplikasi tertentu, maka bisa dicari di fitur aplikasi lainnya. Macam-macam aplikasi design ini terus berkembang sehingga memang harus terus diikuti.

Loading...
Selanjutnya : Podolski Berasal dari Negara Mana?
Sebelumnya: Tip Membuat Taksiran Biaya Pembuatan Rumah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar