Macam-macam Arus Listrik


Seorang anak menggosok-gosokan penggaris pada permukaan kulit tangannya. Setelah itu, penggaris didekatkan pada serpihan kertas. Tampak serpihan kertas tersebut bergerak naik turun di dekat penggaris. Sebagian serpihan kertas tersebut juga menempel pada penggaris. Penyebab gaya tarik-menarik ini disebabkan oleh adanya daerah yang berbeda muatan. Percobaan sederhana tersebut merupakan salah satu dari macam-macam arus listrik yang ada di dunia ini. Arus listrik pada percobaan tersebut disebut arus listrik statis.

Lawannya adalah arus listrik dinamis. Muatan yang tercipta bisa bergerak searah atau bolak-balik. Dalam kehidupan sehari-hari, kita menemui peralatan yang menggunakan jenis arus ini.

Lampu senter yang menyala adalah salah satu benda elektronik yang menggunakan jenis listrik dinamis searah. Lampu TL yang kita nyalakan di malam hari menggunakan jenis listrik arus bolak balik.

Arus Listik Alami

Dari dua macam-macam arus listrik yang telah disebutkan di atas, semuanya termasuk arus listrik buatan/hasil rekayasa manusia. Sementara arus listrik yang berasal dari sumber alami yakni petir dan arus listrik yang tercipta dari sejenis belut.

Kekuatan listrik yang terjadi secara alami bisa mencapai ribuan ampere. Tidak heran, organisme yang tersengat listrik bisa hangus dalam sekejap atau pingsan berat.

Petir tercipta dari gesekan benda yang berbeda muatan dalam skala tinggi. Gesekan ini hasil dari awan dan udara di atamosfer. Besarnya arus tak terkontrol, sehingga bisa menghancurkan apa saja yang terkena. Petir bisa mencapai permukaan tanah.

Bangunan yang tidak dilengkapi dengan bahan konduktor untuk petir ini bisa hancur dan terbakar. Oleh karena itu, bangunan rumah bisa aman dari petir jika dilengkapi dengan kawat baja yang diletakkan di ujung bangunan paling atas, kemudian disalurkan hingga terbenam ke dalam tanah.

Pengenalan macam-macam arus di atas perlu kita ketahui karena manfaatnya yang sangat banyak untuk keperluan hidup sehari-hari. Listrik yang biasa kita manfaatkan untuk menyalakan TV masih berasal dari mesin diesel. Padahal, mesin diesel tersebut memakai energi fosil.

Sementara, arus listrik yang berasal dari sumber alami belum banyak termanfaatkan. Sudah seharusnya kita mulai memikirkan energi alternatif untuk menciptakan energi listrik ramah lingkungan.

Selanjutnya : Macam-macam Campuran Jus
Sebelumnya: Macam Kondisi Psikologis pada Anak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar