Macam-Macam Bacaan Shalawat Nabi dan Manfaatnya


Shalawat nabi adalah bacaan berupa doa untuk para nabi dan rosul. Ada macam-macam bacaan shalawat nabi yang dipercaya akan melancarkan segala kegiatan. Shalawat pun dipercaya akan membuat segala doa cepat terkabul.

Tentunya, shalawat dilakukan dengan menjalankan keutamaan ibadah terlebih dahulu, yaitu shalat lima waktu. Contoh shalawat ada banyak. Beberapa di antaranya akan dijelaskan berikut ini.

• Shalawat “Nariyah atau Tafrijiyah”

Shalawat ini diyakini sebagai shalawat yang baik dan bisa melancarkan segala urusan. Misalnya, jika rejeki ingin dilancarkan, maka bacalah shalawat ini sebanyak 11 kali setiap harinya. Shalawat ini juga berguna untuk kelancaran sebuah hajat besar. Hal yang perlu dilakukan hanyalah membaca sholawat ini sebanyak 4444 kali.

• Shalawat “Munjiyat”

Sholawat Munjiyat adalah sholawat yang dianggap sebagai doa untuk keselamatan. Dengan membaca sebanyak 40 kali setelah shalat wajib, keselamatan dan ketenangan akan menghampiri kita. Selain itu, sholawat ini dapat menghilangkan kesusahan. Shalawat ini pun bisa dilakukan ketika seorang bayi lahir. Dengan membaca sebanyak 41 kali, shalawat ini akan membuat sang anak menjadi orang yang sholeh.

• Shalawat “Badawiyah”
Sayid Ahmad Badawi Ra adalah ulama yang meriwayatkan shalawat ini. Jika shalawat ini dibacakan berulang-ulang akan mendatangkan ketenangan kepada yang membacanya. Sholawat ini cocok bagi mereka yang mendapat masalah khusus karena shalawat ini mampu membuat damai.

• Shalawat “Ibrahimiyah”

Sholawat ini termasuk shalawat yang utama. Shalawat ini cocok dibacakan bagi mereka yang ingin menunaikan badah haji. Bacalah shalawat ini sebanyak-banyaknya agar keinginan naik haji bisa tercapai.

• Shalawat Bariyyah

Shalawat ini sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang menuntut ilmu. Hal ini karena shalawat ini membantu kelancaran berpikir dan menjadi cerdas. Seseorang yang membaca shalawat ini juga akan diberikan 100 juta kebaikan oleh Allah SWT, ketika dibacakan saat malam jumat sebanyak 10 kali.

• Shalawat Nuridzati

Shalawat yang ditulis oleh Imam Syadzali ini sangat bermanfaat untuk membuka pintu rezeki. Shalawat ini juga bisa meringankan permasalahan yang sedang dihadapi. Shalawat ini setidaknya dibaca minimal 3 kali sesudah melaksanakan shalat wajib.

Sebenarnya masih banyak macam-macam bacaan shalawat nabi. Namun, enam contoh shalawat tersebut setidaknya bisa memberikan manfaat besar bagi pembaca. Mari mulai bershalawat!

Selanjutnya : Beberapa Syarat Komisi Yudisial
Sebelumnya: Perawatan Agar Kicauan Burung Kenari Keras dan Nyaring
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar