Macam Macam Burung Kicau di Indonesia


Indonesia dikenal kaya akan fauna, termasuk burung kicau. Macam-macam burung kicau hidup di Indonesia. Iklim tropis rasanya membuat burung-burung kicau merasa nyaman.

Makanan dan lingkungan yang nyaman membuat burung kicau ini bebas hidup di bumi Indonesia. Apa saja jenis burung kicau di Indonesia?

Cucak Hijau

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa burung Cucak Hijau merupakan salah satu keluarga cucak-cucakan. Padahal dalam kenyataannya tidak demikian. Cucak hiaju merupakan kerabat dekat dari Burung Cipoh.

Burung ini memiliki penampilan fisik yang didominasi oleh warna hijau. Tidak heran, jika burung ini dinamai dengan cucak hijau. Tubuhnya tidak besar, tidak kecil, alias sedang. Bila dihitung dari ujung paruh sampai dengan ujung ekor panjangnya adalah 22 cm.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, warna  Cucak Hijau didominasi warna hijau. Bagian ekor dan sayapnya juga berwarna hijau. Akan tetapi, tenggorokan dan pipi Cucak Hijau jantan warnanya adalah hitam berkilau.

Cucak Hijau bisa dikatakan sebagai salah satyu jenis burung yang sangat agresif. Selain itu, Cucak Hijau juga memiliki ciri khas yang membedakan dengan burung lainnya. Ciri khas yang dimaksud adalah Cucak hijau selalu menunduk ketika tengah berkicau (mengeluarkan suara).

Burung Pentet

Burung Pentet lebih dikenal dengan Burung Cendet. Pendet termasuk burung predator yang mempunyai suara kicau khas.

Dibandingkan dengan burrung kicau lainnya, Burung Pendet jarang dipelihara. Hal ini dikarenakan, para pecinta burung menganggap perawatan Burung Pendet sulit. Padahal dalam kenyataannya, perawatan Burung Pendet sama saja dengan burung kicau lainnya.

Meskipun begitu, Burung Pendet termasuk salah satu jenis burung yang selalu mengikuti perlombaan. Perlombaan tersebut adalah lomba kicau mania. Dalam perlombaan tersebut, burung-burung kicau diadu kemampuan suaranya.

Pendet diketahui sebagai salah satu burung yang banyak disukai, karena kemampuan berkicau. Burung ini mampu mengeluarkan berbagai suara. Hal ini tidak terlepas dari peran pemelihara dalam melatih burung berkicau.

Sekarang tinggal pilih, burung Cucak Hijau atau burung Pendet? Apa pun pilihannya, carilah informasi lebih lengkapnya, agar perawatannya terasa mudah.

Demikianlah artikel seputar macam-macam burung kicau. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat bagi para pembaca.

Selanjutnya : Resep Umpan Mancing Ikan Laut
Sebelumnya: Macam- Macam Alat Pemisahan Campuran dan Metodenya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar