Mengenal Macam-macam Data Statistik


Tanpa tahu tentang macam-macam data statistik, akan sangat sulit bagi seorang peneliti untuk melakukan penelitian. Data statistik itu sangat penting. Banyak jenis data yang dikategorikan berdasarkan cara mendapatkannya, sumber data yang digunakan, maupun berdasarkan jenis data. Klasifikasi data statistik pun bisa berdasarkan nilai yang terkandung dalam data itu sendiri.

Data Primer dan Data Sekunder

Macam-macam data statistik yang biasa dipakai dalam suatu penelitian bidang ilmu sosial adalah data primer dan data sekunder. Data primer dibutuhkan sebagai dasar rujukan karena didapatkan dari sumbernya langsung. Data primer ini bisa menjadi sandaran ketika mengambil kesimpulan untuk sebuah keputusan. Contoh data primer adalah hasil wawancara langsung kepada sumber yang dimaksudkan.

Sedangkan data sekunder adalah data yang tidak didapatkan dari tangan pertama melainkan dari sumber lain. Mendapatkan data sekunder bisa dari mana saja. Namun, sumber tersebut harus bisa dipercaya.

Kalau sumber tidak valid, maka daat sekunder ini bisa menyesatkan. Contoh data sekunder adalah data statistik yang didapatkan dari lembaga tertentu. Kalau ternyata data yang digunakan tidak tepat atau metodologi pengambilan data oleh lembaga tersebut kurang pas, maka data sekunder ini pun bisa menyesatkan.

Data Internal dan Data Eksternal

Kedua jenis data ini bisa dikatakan sebagai bagian dari data statistik yang dikategorikan berdasarkan dari mana data itu didapatkan atau sumber data. Jika data didapatkan dari dalam sebuah lembaga, maka disebut dengan data internal. Contohnya adalah ketika menyusun laporan, managemen membutuhkan data keuangan, data jumlah karyawan, data barang-barang yang rusak.

Sedangkan data eksternal, misalnya, data survei tentang kepuasan pelanggan, tanggapan terhadap produk yang ditawarkan, data tentang pesaing. Data eksternal ini tidak didapatkan dari dalam lembaga itu sendiri. Kedua jenis data ini saling mendukung satu sama lain. Pihak managemen tentu membutuhkan data internal dan data eksternal untuk mendukung rancangan program atau sebagai acuan penyusuna anggaran tahun berikutnya.

Data Kuantitatif dan Data Kualitatif

Untuk membedakan kedua jenis data ini cukup mudah. Data kuantitatif dipaparkan dengan angka. Sedangkan data kualitatif merupakan suatu penjabaran. Misalnya, ‘Berapa persen jumlah pengguna produk A?’ Jawabannya menggunakan cara penulisan data kuantitatif. Kalau untuk menjawab pertanyaan, ‘Bagaimana tanggapan para pengguna produk A?’ jawabannya menggunakan cara penulisan data kualitatif.

Macam-macam data statistik tersebut merupakan data yang bisa memberikan jawaban tentang banyak hal. Mempelajari data ini sebenarnya sangat menarik karena telah didukung oleh teknologi. Penghitungannya tidak harus dengan menggunakan cara manual 100%.

Selanjutnya : Pesona Kawah Gunung Bromo Meletus
Sebelumnya: Penggunaan Rumus Penjumlahan Kolom MS Excel
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar