Macam-Macam Energi Alternatif


Macam-macam energi alternatif mulai digalakan demi keberlangsungan kehidupan. Energi merupakan hal yang utama yang dibutuhkan bagi manusia.

Definisi energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja dan selanjutnya digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan. Sumber energi utama bagi manusia adalah sinar matahari dan energi bahan bakar minyak.

Pasca pengumuman kenaikan harga BBM pada bulan Juni 2013, harga bahan-bahan kebutuhan pokok pun turut melambung tinggi. Mau tidak mau kita harus menyadari bahwa cepat atau lambat bahan bakar yang terbentuk dari sedimentasi fosil jutaan tahun lalu akan habis.

Pengertian energi alternatif dapat diinterpretasikan sebagai energi selain energi Bahan Bakar Minyak, disebut juga sebagai energi terbarukan karena sifatnya yang dapat memperbaharui.

Digunakannya istilah alternatif bertujuan sebagai pilihan lain yang dapat menggantikan energi Bahan Bakar Minyak dalam aktivitas manusia.

Mengingat energi BBM menimbulkan efek samping sebagai penyebab polusi udara, energi alternatif diharapkan memiliki sifat lebih ramah lingkungan dan tidak berbahaya bagi kehidupan manusia.

Berikut adalah contoh-contoh energi alternatif :

1. Energi Sinar Matahari

Sebagai sumber utama bagi berlangsungnya kehidupan, energi belum tereksplorasi maksimal untuk menggantikan energi BBM, keterbatasan penyinaran di muka bumi menjadi salah satu alasannya, namun seiring perkembangan zaman hal itu dapat disiasati dengan bantuan panel-panel yang berfungsi menyimpan cadangan energi. Aplikasinya dapat kita lihat pada prototype mobil bertenaga surya atau produk pemanas air

2. Energi Angin

Baru sebagian kecil negara yang memanfaatkan angin sebagai pembangkit tenaga listrik, di antaranya Belanda dan Inggris.

3. Energi Air

Pemanfaatan air sebagai sumber energi telah banyak diterapkan, PLTA telah banyak dibangun hampir di seluruh negara di dunia. Yang perlu dipikirkan adalah kemungkinan air bisa diolah sebagai bahan bakar pengganti BBM dalam kendaraan.

4. Energi Panas Bumi (Geothermal)

Berasal dari panas atau uap yang dilepaskan oleh bumi. PLTU adalah salah satu contoh penerapannya

5. Energi Biomassa

Dihasilkan oleh sisa bahan organik hewan dan tumbuhan. Penelitian menunjukkan bahwa kotoran hewan dapat diolah menjadi sumber energi pengganti BBM

6. Energi Biofuel

Bentuk energi alternatif sebagai hasil terbakar/pembakaran hewan dan tumbuhan. Contoh paling nyata adalah membudidayakan tanaman untuk memproduksi etanol.

Diharapkan dengan semakin optimal memanfaatkan macam-macam energi alternatif, kerusakan lingkungan akibat pemakaian energi BBM dapat dihentikan.

Selanjutnya : Macam-Macam Fakultas Teknik
Sebelumnya: Susunan Membuat Makalah Persuasif Sampah dan Cara Penanggulangannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar