Macam-Macam Energi yang Dapat Diperbarui


Di dunia ini, ada berbagai macam sumber energi yang dapat dimanfaatkan oleh kehidupan manusia, salah satunya macam-macam energi yang dapat diperbarui.

Sumber energi tersebut berasal dari sumber daya alam yang ada di permukaan bumi dan di perut bumi. Sumber daya alam ini sangat banyak jenisnya dan cadangannya di bumi. Sumber daya alam ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui  dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui .

Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat didaur ulang atau dipakai secara terus-menerus dengan memanfaatkan sumber alamnya.

Selain itu, sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui  adalah sumber daya alam yang terbatas jumlahnya dan dapat habis sewaktu-waktu. Apakah kalian tahu macam-macam energi yang dapat diperbarui ?

Sumber energi alam ini sangat diperlukan bagi kehidupan manusia dalam menjalankan aktivitasnya. Sumber energi ini dapat berasal dari hewan, tumbuhan, minyak bumi, gas alam, dan sebagainya. Negara seperti Indonesia ini memiliki sumber energi alam yang sangat berlimpah, namun pemanfaatannya masih belum sepenuhnya dapat dikelola dengan baik.

Indonesia sendiri mempunyai cukup sumber energi yang dapat diperbarui  yang melimpah jika dibandingkan dengan negara yang ada di sekitarnya. Macam-macam energi yang dapat diperbarui  yang dapat digunakan adalah angin, air, dan sinar matahari. Semua energi tersebut dapat diperbarui  atau digunakan secara terus-menerus.

Saat ini, sumber energi modern yang dapat diperbarui  adalah energi panas bumi. Energi panas bumi ini berasal dari panas matahari yang berpengaruh pada permukaan bumi dan dari peluruhan radioaktif di pusat bumi. Energi ini dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik atau untuk sumber panas.

Energi yang dikumpulkan dari cahaya matahari juga merupakan energi yang dapat diperbarui yang disebut dengan energi surya. Energi surya tersebut dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga surya, untuk pemanasan, dan untuk menghasilkan listrik. Sel surya juga dapat digunakan untuk daya baterai.

Demikian macam-macam energi yang dapat diperbarui  yang ada di bumi ini. Selain itu, masih banyak contoh energi lainnya yang kita ketahui, seperti biomasa, biogas, energi tekanan udara, atau energi angin. Walaupun energi tersebut dapat diperbarui namun tetap harus bijak dalam pemanfaatannya.

Selanjutnya : Tips membuat halaman asri di halaman sempit
Sebelumnya: Perang Dingin Adalah Sebuah Peperangan Tanpa Senjata
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar