Macam-macam Gejala Penyakit pada Telinga

Macam-macam gejala penyakit pada telinga ini bervariasi tergantung penyakit yang diderita. Telinga sendiri adalah salah satu dari lima indra yang dimiliki oleh manusia. Telinga adalah panca indra yang berfungsi untuk mendengarkan suara. Telinga juga dapat terganggu fungsinya atau terkena penyakit jika tidak dirawat dengan baik.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai macam-macam penyakit yang biasanya menyerang telinga dan apa saja gejala yang timbul. Jika telinga kita mengalami masalah atau muncul gejala-gejala seperti yang akan dibahas di artikel kali ini, segera periksakan ke dokter THT untuk mencegah penyakit lebih parah dan berakibat fatal. Penyakit telinga sendiri juga disebabkan oleh banyak faktor yang salah satunya disebabkan kuman dan infeksi.

Infeksi yang terjadi pada telinga ini sama sekali tidak bisa dianggap remeh karena akibatnya bisa fatal, yakni terganggunya fungsi telinga atau bahkan telinga tak lagi berfungsi. Sebelum kita membahas macam-macam gejala penyakit pada telinga, kita bahas terlebih dahulu penyakit yang menyerang telinga.

Penyakit yang Biasa Menyerang Telinga

Beberapa penyakit yang sering menyerang telinga adalah peradangan atau infeksi yang terjadi pada saluran telinga. Selain infeksi atau peradangan, juga ada beberapa penyakit yang menyerang alat pendengaran tersebut, salah satunya adalah penyumbatan. Penyumbatan sebenarnya bukanlah penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri, tetapi disebabkan oleh menumpuknya kotoran pada telinga yang menyebabkan berkurangnya kemampuan telinga untuk mendengar.

Penyakit lain yang menyerang telinga adalah Tinnitius, yakni sebuah penyakit ringan yang menyerang telinga. Penyakit tinnitius ini sebenarnya bukanlah penyakit yang berbahaya dan dapat diobati dengan obat tetes dari dokter. Penyakit yang menyerang telinga lainnya adalah Perikondritis yang merupakan penyakit luar telinga berupa infeksi atau peradangan yang terjadi pada saluran telinga luar. Penyakit perikondritis biasanya disebabkan oleh luka atau lecet pada telinga yang mungkin diakibatkan oleh kuku saat menggaruk, gigitan hewan dan banyak lagi.

Gejala Penyakit Pada Telinga

Setiap penyakit pasti akan menunjukkan gejala, begitu juga dengan penyakit telinga. Telinga yang tidak beres atau bermasalah biasanya menunjukkan gejala-gejala, seperti kemampuan mendengar berkurang, telinga mendengung terus menerus, kehilangan keseimbangan tubuh dan rasa sakit yang timbul dari telinga.

Jika Anda mengalami gejala tersebut, segera periksakan ke dokter terdekat. Sampai di sini dulu pembahasan mengenai macam-macam gejala penyakit pada telinga, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Loading...
Selanjutnya : Bagaimana Cara Atasi Pencemaran Lingkungan
Sebelumnya: Ketika Jaringan Internet Lambat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar