Macam Macam Gelas Plastik, Manfaat dan Permasalahannya


Macam macam gelas plastik saat ini semakin mudah ditemukan. Terutama di food corner, rumah makan fast food, pesta, dan berbagai acara. Gelas plastik memiliki beberapa keunggulan yaitu ringan, mudah dibawa, dan murah, sehingga gelas plastik banyak dimanfaatkan sebagai tempat minum sekali.

Dari satu sisi, sebenarnya gelas plastik sangat bermanfaat bagi manusia modern yang cenderung hidup serba cepat dan instan. Namun, dari sisi lain kehadiran gelas plastik ini juga menimbulkan banyak permasalahan. Pada artikel ini manfaat dan permasalahan gelas plastik ini akan kita bahas.

Gelas plastik memberikan banyak manfaat bagi manusia. Terutama dalam dunia bisnis kuliner dan minuman. Dengan menggunakan gelas plastic, maka rumah makan, gerai minuman, food corner, dan sejenisnya tidak perlu lagi repot-repot mencuci gelas.

Mereka cukup menuangkan minuman ke dalam gelas plastik sekali pakai. Dengan gelas plastik tersebu,t pembeli bisa membawa pulang minuman yang dipesannya dengan aman, jika ia tidak sempat menghabiskan minuman di tempat.

Menariknya lagi, gelas plastik juga bisa diberi merek bisnis kuliner/minuman yang kita miliki, sehingga bisa menjadi sarana promosi gratis.

Lalu bagaimana dengan permasalahannya? Permasalahan penggunaan gelas plastik ini sangat erat kaitannya dengan pencemaran lingkungan. Seperti kita ketahui, plastik berpotensi menjadi sampah anorganik yang sulit terurai. Bisa dibayangkan,  seandainya setiap hari ada 10 saja pelanggan rumah makan cepat saji yang membuang gelas plastiknya ke lingkungan.

Kalikan dengan 360 hari dalam setahun berarti ada 3600 sampah gelas plastik yang sudah menumpuk dan sulit terurai di lingkungan. Belum lagi jika sampah plastik tersebut dibuang sema\barangan seperti di selokan, halaman, sungai dan sebagainya. Bukan tidak mungkin jika akhirnya menjadi sumber permasalahan lingkungan yang serius.

Itu baru perkiraan 10 per hari. Padahal saat ini hampir setiap kota memiliki lebih dari 10 romah makan cepat saji, gerai minuman, café, dan food corner yang menggunakan gelas plastik sebagai tempat minum pelanggannya. Hal itu bisa dilihat dari macam macam gelas plastik bekas aneka merk yang tertumpuk di tempat pembuangan sampah.

Semoga segera ada solusi untuk permasalahan ini, sehingga manfaat dan kemudahan yang ditawarkan oleh gelas plastik tidak menimbulkan permasalahan lingkungan yang lebih serius.

Selanjutnya : Unsur Kebudayaan Religi Fitrah Asli Manusia
Sebelumnya: Perang Korea Dimulai
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar