Mengenal Macam-macam Golongan Antibiotika dan Manfaatnya


Tak sedikit masyarakat awam yang belum mengetahui macam-macam golongan antibiotika, padahal mungkin mereka sudah pernah menggunakannya ketika sedang sakit. Selain itu, beberapa jenis antibiotik memang mudah dijumpai di pasaran, sehingga sebagian besar orang pasti pernah mengonsumsinya.

Sebenarnya apa itu antibiotik? Antibiotik adalah suatu zat atau senyawa yang punya kemampuan untuk menekan proses pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri. Beberapa penyakit yang diderita manusia kadang memang disebabkan oleh infeksi bakteri, sehingga dengan menggunakan antibiotik, maka pertumbuhan bakteri bisa dihambat atau dihentikan sama sekali.

Macam-macam antibiotik sendiri ada banyak, untuk lebih jelasnya simak uraian singkat berikut ini.

Penicillin

Golongan antibiotik ini bekerja dengan cara merusak atau menghancurkan dinding sel bakteri, sehingga bakteri tersebut tidak tumbuh lagi atau mati. Contoh antibitoik golongan ini adalah ampicillin atau amoxicillin. Antibiotik golongan penicillin ini kerap digunakan untuk mengobati infeksi kulit, telinga, gigi, maupun saluran pernafasan.

Cephalosphorin

Secara garis besar, cara kerja cephalosphorin sama saja dengan penicillin. Perbedaanya, golongan antibiotik yang satu ini bisa menangani lebih banyak jenis infeksi bakteri yang mungkin tidak bisa diatasi oleh penicllin, misalnya gonorrhea dan meningitis. Contoh antibiotik golongan ini adalah cefadroxil, cephapirin, dan cepharadine.

Makrolid

Golongan makrolid sering digunakan oleh mereka yang punya alergi terhadap penicillin sekaligus memiliki penggunaan yang lebih luas dari penicillin maupun cephalosphorin. Cara kerjanya adalah dengan merusak atau mengganggu biosintesa protein dalam bakteri yang menyerang manusia, sehingga bisa mengobati beberapa keluhan seperti infeksi saluran pernafasan, infeksi saluran lambung, dll. Contoh golongan makrolid adalah erythromycin dan clarithromycin.

Tetrasiklin

Antibiotik jenis ini bisa digunakan untuk mengobati infeksi saluran telinga maupun pernafasan. Tapi, tetrasiklin mungkin lebih populer untuk mengobati penyakit infeksi kelamin seperti gonorrhea dan chlamydia. Contoh antibiotik jenis ini adalah doxycycline dan minocycline.

Floroquinolon

Floroqionolon adalah golongan antibiotik terbaru yang memiliki cara kerja menghentikan sintesa DNA bakteri secara langsung. Contoh floroquinolon adalah ciprofloxacin, enoxacin, levofloxacin, dan ofloxacin. Kegunaan antibiotik floroquinolon mencakup mengobati infeksi saluran kemih, saluran pernapasan (sinusitis, bronkitis, pneumonia), dan infeksi kulit.

Itulah macam-macam golongan antibiotika yang patut Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat serta bisa menambah wawasan Anda tentang medis maupun obat-obatan.

Selanjutnya : Bank yang Bisa Membayar Kartu Kredit BCA
Sebelumnya: Daftar Pesawat Yang Masih Ada Di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar