Macam-Macam Hewan Langka, Elang dan Harimau Jawa


Kebun binatang merupakan cara bagi kita untuk melihat macam-macam hewan langka yang ada di permukaan bumi. Di tempat tersebut, berbagai jenis hewan yang sulit dijumpai, akan dipelihara dan dikembangbiakkan. Tujuannya adalah menjaga habitat populasi binatang tersebut agar tidak punah.

Dengan menjaga kelestarian berbagai macam hewan langka, secara tidak langsung akan berkesinambungan dengan sejarah yang akan tetap terjaga. Generasi di masa mendatang diharapkan tidak lagi sekadar melihat binatang langka tersebut hanya dari gambar atau video dokumentasi semata. Namun, mereka masih memiliki kesempatan untuk menyaksikan binatang langka tersebut secara langsung.

Elang Jawa

Salah satu jenis binatang langka yang mulai sulit dijumpai di alam bebas adalah elang Jawa. Unggas yang memiliki ukuran seperi burung elang lain ini merupakan binatang yang hanya ada di pulau Jawa. Lambang burung Garuda yang digunakan oleh negara Indonesia sebagai lambang negara, diyakini mengadopsi dari bentuk burung elang Jawa ini.

Hewan ini mulai mengalami penurunan populasi sejak tahun 80-an. Hal tersebut karena penangkapan liar oleh para pemburu, menjadi salah satu penyebab menurunnya jumlah unggas tersebut di alam bebas. Keistimewaan burung elang Jawa ini adalah, ditetapkannya burung tersebut sebagai maskot binatang langka di Indonesia.

Dahulu, populasi burung elang Jawa ini tersebar secara merata di seluruh pulau Jawa, mulai dari barat hingga ke kawasan Semenanjung Blambangan yang merupakan bagian paling timur pulau Jawa. Namun pada saat ini, burung elang Jawa hanya bisa dijumpai pada kawasan hutan primer serta daerah perbukitan yang berkontur pegunungan, itu pun jumlahnya sangat terbatas.

Harimau Jawa

Salah satu dari macam-macam hewan langka, bahkan dinyatakan memiliki kemungkinan punah adalah harimau Jawa. Sebagaimana elang Jawa, harimau ini hanya ada di pulau Jawa dan sejak tahun 80-an, sudah dianggap punah. Meski demikian, ada beberapa pihak yang menyatakan memiliki kemungkinan bahwa harimau Jawa masih ada.

Pada tahun 1998, melalui sebuah seminar nasional harimau Jawa di UGM, disepakati bahwa perlu dilakukan peninjauan ulang atas status kepunahan harimau Jawa tersebut. Hal ini didasarkan beberapa fakta yang mengerucut pada kemungkinan masih adanya populasi binatang tersebut di beberapa kawasan pulau Jawa. Salah satunya adalah adanya penelitian di kawasan Taman Nasional Meru, Betiri Jawa Timur. Pada kawasan tersebut, ada dugaan masih hidupnya harimau Jawa. Demikian pula, beberapa informasi yang disebutkan oleh penduduk di sekitar lereng gunung Prau, Jawa Tengah. Mereka mengaku sering melihat penampakan atau juga jejak macan yang ada di hutan yang masih perawan tersebut.

Demikianlah penjelasan tentang macam-macam hewan langka. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca.

Selanjutnya : Memanfaatkan Tanah Vulkanis
Sebelumnya: Mengenal Frekuensi Parabola dan Satelit TV
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar