Macam-Macam Jalur Beasiswa S2 di Kementrian RI


Anda sudah lulus S1 atau D4 dan ingin melanjutkan ke jenjang S2 tapi terhalang biaya? Kenapa tidak mencoba untuk ikut seleksi mendapatkan beasiswa.

Kini sudah semakin banyak perusahaan, lembaga atau bahkan dari pemerintah menggelontorkan dana dan bantuan berupa beasiswa bagi Anda yang ingin melanjutkan kuliah namun tidak mampu membayar biaya pendidikan. Anda bisa memilih untuk kuliah di dalam negeri atau luar negeri, dan berikut ini akan dipaparkan macam-macam jalur beasiswa S2 yang bisa Anda tempuh di luar negeri.

Berbagai Kementerian Republik Indonesia mengadakan program seleksi untuk menjaring peserta terbaik untuk disalurkan ke berbagai universitas terbaik di luar negeri, meliputi Amerika Serikat, Australia, Belanda, Kanada, Jerman, dan sejumlah negera besar lainnya.

Berikut ini beberapa jalur beasiswa yang bisa Anda pilih sesuai dengan minat dan kompetensi Anda di berbagai kementerian.

1. Kementrian Keuangan

Melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementrian Keuangan melakukan seleksi untuk menjaring peserta yang berhak mendapatkan beasiswa S2 ke luar negeri. Program yang dinamakan Scholarship Progrram for Strengthening the Reforming Institution atau disingkat menjadi SPIRIT adalah agenda rutinan yang dilakukan oleh Kemenkeu.

Bagi Anda yang nantinya mengikuti seleksi dan dinyatakan lulus dan diterima di universitas yang dimaksud, maka Anda tidak perlu khawatir karena berbagai tunjangan sudah disiapkan meliputi tunjangan biaya hidup, biaya kuliah, pembelian buku, tunjangan tesis, tunjangan seminar, bahkan akomodasi pemberangkatan dan semua itu diberikan secara penuh selama Anda menempuh masa pendidikan.

2. Kementrian Komunikasi dan Informatika

Kementrian komunikasi dan informatika juga menjadi salah satu kementrian yang rutin memberikan beasiswa baik kepada kalangan TNI/ POLRI, PNS maupun umum. Jenis beasiswa yang diberikan pun bermacam-macam, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Seleksi dilakukan sebanyak 3 tahapan, yakni tahap seleksi administrasi, tahap seleksi kemampuan akademik, dan tahap terakhir wawancara dan psikotes. Kemenkominfo juga memberikan tunjangan secara penuh kepada peserta seleksi yang lulus, selama menempuh pendidikan di luar negeri.

Ada begitu banyak kesempatan untuk melanjutkan kuliah pascasarjana ke luar negeri salah satunya dengan memanfaatkan macam-macam jalur beasiswa S2 yang disediakan oleh berbagai kementrian di tanah air.

Selain gratis dan mendapatkan berbagai tunjangan hidup, kuliah di luar negeri tentu akan memberikan kepuasan tersendiri bagi Anda.

Selanjutnya : Kumpulan Lagu-lagu Ciptaan Opick
Sebelumnya: Tips Menuliskan Kesimpulan dan Saran dalam Pembuatan Makalah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar