Mengenal Macam-macam Jaring Makanan


Tanpa kita sadari, macam-macam jaring makanan selalu terjadi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai ekosistem. Jaring-jaring makanan ini terbentuk oleh terjadinya proses rantai makanan, sedangkan rantai makanan dibentuk oleh adanya unsur produsen, konsumen, serta dekomposer.

Secara sederhana, rantai makanan adalah alur dari kegiatan makan dan dimakan. Contohnya adalah rumput sebagai produsen akan dimakan oleh belalang yang merupakan konsumen. Belalang kemudian akan dimakan oleh konsumen kedua, yaitu katak. Lalu katak akan dimakan oleh ular yang menjadi konsumen ketiga, dan begitu seterusnya. Proses panjang makan dan dimakan ini akan berhenti apabila konsumen paling akhir mati dan jasadnya diurai oleh jamur atau bakteri yang berfungsi sebagai dekomposer.

Dalam suatu ekosistem, rantai makanan bisa menjadi lebih kompleks, hal inilah yang kemudian disebut sebagai jaring-jaring makanan. Sehingga jaring makanan bisa didefinisikan sebagai proses saling memakan yang terdiri dari beberapa rantai makanan yang saling berkaitan. Dalam jaring makanan, konsumen pertama bisa siapa saja, konsumen kedua pun bisa berubah fungsi sebagai konsumen ketiga.

Alur Rantai Makanan

Agar lebih jelas, perhatikan alur dari beberapa rantai makanan berikut ini:

  1. Padi (produsen) – tikus (konsumen 1) – elang (konsumen 2) – jamur (pengurai)
  2. Padi (produsen) – burung (konsumen 1) – musang (konsumen 2) – jamur (pengurai)
  3. Padi (produsen) – belalang (konsumen 1) – katak (konsumen 2) – elang (konsumen 3) – jamur (pengurai)

Itu adalah contoh kecil beberapa rantai makanan yang bisa terjadi di ekosistem sawah, dan poin A hingga C bisa disebut sebagai jaring makanan. Dari contoh tersebut bisa dilihat bahwa konsumen pertama bisa berupa tikus, burung, atau belalang. Elang pun bisa berfungsi sebagai konsumen 2 atau 3.

Bila jaring makanan di atas terjadi di ekosistem sawah, maka ada beberapa macam jaring makanan yang bisa terjadi di ekosistem yang lain.

Jaring makanan ekosistem laut

  1. Plankton – ikan herring – ikan hiu – benthos (pengurai)
  2. Plankton – ikan kecil – gurita – benthos (pengurai)
  3. Plankton – ikan sarden – ikan hiu (benthos)
  4. Jaring makanan ekosistem gurun
  1. Tanaman gurun – kadal – ular – elang – pengurai
  2. Tanaman gurun – serangga – kadal – ular – rubah – pengurai
  3. Tanaman gurun – tikus – ular – elang – pengurai

Demikian macam-macam jaring makanan yang bisa terjadi di beberapa ekosistem yang berbeda. Mudah-mudahan informasi ini bisa menambah pengetahuan Anda.

Selanjutnya : Daftar Pustaka Optimalisasi Multimedia Pada Jaringan Internet
Sebelumnya: Cara Download Permainan Gratis Android
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar