Apa saja Macam Macam Jaringan Epitel


Jaringan epitel adalah struktur sel yang melapisi rongga tubuh, pembuluh darah dan bagian lain serta permukaan yang rentan terhadap gesekan.

Dengan demikian, jaringan ini hadir di banyak bagian tubuh dan akan melakukan fungsi yang berbeda sesuai dengan lokasinya.  Berdasarkan unsur-unsur ini, macam-macam jaringan epitel dikategorikan menurut klasifikasi berikut.

1. Epitel Sederhana: Pada dasarnya, semua jaringan epitel diklasifikasikan menurut kompleksitas. Sebuah epitel dengan hanya satu lapisan akan dikenal sebagai ‘epitel sederhana’ sedangkan epitel multi-layered akan didefinisikan sebagai ‘epitel stratified’.

Pertama, mari kita lihat bagaimana epitel lapisan tunggal atau epitel sederhana dapat dikategorikan lebih lanjut sesuai dengan jenis sel.

•    Squamouse epitel: Sel-sel ini tampak datar dan sering tampak dalam struktur garis yang memungkinkan difusi zat atau udara. Oleh karena itu, garis-garis pembuluh darah serta dinding alveolar di paru-paru.

•    Epitel kuboid: Sel-sel persegi yang bertugas melapisi kelenjar seperti pankreas. Dan juga akan melapisi epitheliums germinal dalam ovarium dan testis di mana sel-sel germinal diproduksi.

•    Epitel kolumnar: Sel-sel dalam jaringan ini akan muncul dalam kolom dan akan menjadi bagian dari permukaan yang memfasilitasi penyerapan seperti dalam usus dan perut. Sel kolumnar tertentu mengkhususkan diri dalam memberikan penerimaan sensorik seperti pada hidung dan selera di lidah.

•    Psudostratified epitel: merupakan inti dari sel kolumnar yang biasanya terletak di dasar sel dan epitel semu inti yang hadir di berbagai tingkatan dari epitel kolumnar sederhana sehingga memberikan kesan palsu dari epitel multi-layered.

Permukaan sel dapat memiliki struktur khusus yang dikenal sebagai ‘silia’ dan ini terletak di saluran udara dari paru-paru serta saluran tuba. ‘Silia’ akan memfasilitasi transportasi sekresi lendir atau ovum masing-masing dan memainkan peran penting dalam fungsi organ-organ dalam.

2. Stratified epitel: Ketika berbicara tentang epitheliums bertingkat, harus diingat bahwa, lapisan basal jaringan dapat berupa squamouse, kuboid atau kolumnar dan menuju permukaan, sel-sel akan menjadi lebih rata dari dasar.

Namun, fitur yang berbeda dari jenis jaringan ini adalah kehadiran keratin dalam sel-sel permukaan. Dengan demikian jaringan ini diklasifikasikan sebagai ‘keratin’ atau ‘non-keratin’.

Itulah macam-macam jaringan epitel, mudah mudahan bermanfaat.

Selanjutnya : Riwayat Imam Bonjol
Sebelumnya: Resep Umpan Mancing Ikan Laut
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar