Macam-Macam Jenis Batu Beku


Batu atau batuan beku adalah batu yang berasal dari magma yang membeku. Pembekuan magma ini dapat terjadi di bawah permukaan bumi ataupun di atas permukaan bumi. Kata beku dari nama batu beku dapat diperoleh dar proses pembekuan yang dialami oleh batuan tersebut sehingga menajdi bentuk batu.

Ada macam-macam jenis batu beku yang ditemukan di bumi ini.
Macam dari batuan beku ini amatlah beragam. Ahli geologi membagi macam dari batuan beku ini menurut beberapa klasifikasi seperti dari temopat terjadinya yaitu di permukaan bumi ataupun dekat dengan permukaan bumi dan jauh dari permukaan bumi.

Macam batuan beku ini juga dilihat dari kandungan SiO2 yang terdapat di dalam batu tersebut. Serta ada pula macam dari batuan beku dilihat dari indeks warna yang dimiliki oleh batuan beku itu sendiri. Inilah beberapa macam dari batuan beku dilihat dari beberapa hal.

Sedangkan jenis dari batuan beku itu sendiri terdapat tiga jenis yaitu :

  1. Batuan beku dalam. Jenis batuan beku dalam ini adalah batu diorit yang bercorak coklat dengan bercak hitam, batuan dunit dengan corak coklat keabuan, batuan granit denga corak putih keabuan, batuan granodiorit dengan corak putih kecoklatan, batuan sient dengan corak abu-abu dan bercak hitam.
  2. Batuan beku luar. Yang termasuk ke dalam jenis batuan beku luar ini adalah batu asalt yang berwarna hitam, batu diabese dengan warna abu-abu, batu andesit dengan warna hitam dan bercak putih, batu zeolit dengan warnanya yang coklat.
  3. Batuan beku korok atau gang. Yang termasuk ke dalam jenis batuan beku korok ini adalah batu aplit yang berwarna abu-abu.

Selain dari jenis batuan beku ini, ada dua jenis batuan lagi di dunia ini yaitu batuan sediment dan batuan metamorf. Kedua jenis batuan ini tentunya memiliki karakteristik dan ciri yang berbeda dengan batuan beku. Dan batu yang termasuk ke dalam dua jenis batu inipun akan lebih beragam lagi dibandingkan dengan macam-macam jenis batu beku di dunia ini.

Selanjutnya : Macam-Macam Kanker yang Menyerang Wanita
Sebelumnya: Macam-Macam Hasil Karya Kerajinan dari Batok Kelapa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar