Macam-macam Lagu Daerah Batak Paling Populer di Indonesia


Anda penasaran dengan macam-macam lagu daerah Batak yang paling terkenal di Indonesia? Atau anda penasaran dengan arti dari lagu-lagu daerah Batak tersebut. Berikut ini akan diuraikan secara singkat lima lagu daerah Batak yang paling terkenal di Indonesia beserta arti dari lagu tersebut.

Kumpulan Lagu Batak

Lagu daerah Batak yang paling populer di Indonesia bisa jadi adalah Butet. Lagu ini sangat terkenal, terutama dikalangan anak sekolah. Hal ini karena lagu Butet ini diperkenalkan sebagai salah satu lagu daerah Batak yang pasti diajarkan kepada pada murid sekolah dasar. Lagu ini berkisah tentang seorang ibu yang bercerita kepada anaknya tentang ayahnya yang sedang pergi ke medan perang. Si Ibu meyakinkan anaknya bahwa ayahnya pasti memenangkan perang dan segera pulang. Si Ibu juga berpesan kepada anaknya agar ketika si Anak besar nanti dia harus menjadi generasi penerus yang tangguh dan pintar.

Lagu daerah Batak yang paling populer selanjutnya adalah Sinanggar Tulo. Lagu ini adalah lagu yang bercerita tentang seorang pemuda yang sedang menggoda seorang wanita untuk meminta si wanita itu menjadi kekasihnya. Kata ‘sinanggar tulo’ sendiri tidak memiliki arti khusus. Kata itu hanyalah semacam bunyi-bunyian khas yang sering diucapkan para penyair Batak.

Lagu daerah Batak terpopuler selanjutnya adalah Sik Sik Sibatumanikam. Pada dasarnya lagu ini tidak memiliki arti. Lagu ini dinyanyikan hanya untuk lucu-lucuan saja. Lagu in biasanya juga digunakan sebagai lagu pemanasan sebelum menyanyikan lagu lain.

Lagu selanjutnya adalah Si Patokaan. Lagu ini mengisahkan seorang ibu yang sedang menasehati anak laki-lakinya yang akan merantau. Si ibu yang sebenarnya berat hati ketika akan ditinggal merantau itu berpesan kepada anak laki-lakinya agar anaknya itu hati-hati di tempat rantauan. Si ibu juga berharap si anak dapat pulang ke rumah dengan selamat.

Lagu daerah Batak selanjutnya adalah Sing Sing So. Lagu ini mengisahkan tentang seorang laki-laki yang sedang merantau yang menyampaikan pesan lewat lagu itu kepada kekasihnya agar sang kekasihnya sabar menunggu dia pulang. Selama si laki-laki merantau, dia berharap kekasihnya tidak berpaling kepada orang lain dan tetap menunggu si laki-laki.

Setelah mengetahui macam-macam lagu daerah Batak tadi, ingatkah Anda dengan lagu-lagu daerah Batak lain yang mungkin pernah anda hafalkan liriknya di waktu dulu?

Selanjutnya : 5 Kebutuhan Anak yang Harus Dipahami Orangtua
Sebelumnya: Dampak Penyakit Ginjal Kronik pada Kehamilan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar