Macam-macam Makanan dari Kentang


Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang mudah diolah. Pada bahasan kali ini kita akan membahas tentang macam-macam makanan dari kentang. Sebelumnya mari kita pelajari sejenak tentang kentang. Kentang merupakan tanaman umbi-umbian. Umbi dari tanaman kentang yang disebut kentang juga ini yang biasanya diolah menjadi makanan. Asal dari tanaman ini yaitu dari Amerika Selatan.

Di Indonesia meskipun bukan merupakan bahan makanan pokok namun kentang juga sering diolah untuk dijadikan makanan pendamping. Di pasaran, kentang dibedakan kualitasnya dari A sampai dengan D. Kentang kualitas A adalah kentang dengan kualitas yang paling baik.

Ada banyak jenis makanan dari kentang, berikut ini beberapa makanan yang berbahan dasar kentang :

a.  Perkedel Kentang

Perkedel kentang adalah salah satu jenis makanan yang sering disajikan bersama sop atau nasi kuning. Cara pembuatannya cukup mudah, pertama-tama kentang dikupas dan dibersihkan. Lalu dipotong-potong dan digoreng. Setelah itu ditumbuk sampai halus dan dicampur dengan bawang putih, bawang merah, garam, dan merica yang sudah dihaluskan. Siapkan kocokan telur, bentuk kentang yang sudah dihaluskan menjadi bulat pipih dan baluri dengan telur. Goreng sampai keemasan.

b.  Sambal Goreng Kentang

Selain perkedel kentang, sambal goreng kentang juga yang cukup sering disajikan dalam menu masakan Indonesia. Masakan ini biasanya selain berbahan kentang juga ada hati ayamnya juga. Cara pembuatannya pertama dengan memotong dadu kentang dan juga hati ayam sama besar. Siapkan bumbu sambal gorengnya yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri, merica, santan, serai dan laos. Sambal goreng kentang ini cocok juga disajikan dengan nasi kuning ataupun nasi putih hangat.

c.  Kentang Goreng

Kentang dapat juga dikonsumsi dengan pengolahan sederhana seperti digoreng ataupun dikukus. Kentang goreng biasanya menjadi salah satu cemilan favorit baik anak-anak maupun remaja. Pembuatan kentang goreng yang renyah bisa dilakukan dengan menggoreng kentang dengan minyak dingin sambil dipanaskan sampai masak.

Masih banyak macam-macam makanan dari kentang selain yang disebutkan di atas. Makanan tersebut dapat berupa makanan pendamping nasi ataupun camilan. Mengolah kentang sendiri akan lebih baik daripada membeli di luar yang belum tentu terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Selanjutnya : Minuman Haram Menurut Zatnya dan Menurut Islam
Sebelumnya: Mengetahui Apa yang Dimaksud Riqab dalam Hal Zakat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar