Macam-macam Masalah Sosial dalam Masyarakat


Hidup bermasyarakat memang tidak akan pernah terlepas dari masalah, baik masalah besar maupun masalah kecil. Hal tersebut dapat terjadi karena perbedaan latar belakang dan keragaman yang ada dalam suatu masyarakat. Macam macam masalah sosial dalam masyarakat memang tidak dapat dielakkan lagi.

Sudah banyak kasus yang menjadi topik utama pemberitaan mengenai masalah sosial dalam masyarakat yang berujung pada kekerasan, bahkan pertikaian yang menimbulkan banyak korban. Hal itu tidak akan terjadi jika masing-masing pihak sadar bahwa keragaman yang ada bukanlah dijadikan sarana untuk mencari kejelekan pihak lain, kemudian mempermasalahkannya.

Sebagai negara majemuk yang memiliki beragam kebudayaan, masyarakat yang hidup dan tinggal di Indonesia pun tidak hanya berasal dari satu jenis suku, satu jenis agama, dan satu jenis nenek moyang.  Ada banyak sekali keragaman yang ada di Indonesia. Jika setiap perbedaan dijadikan alasan untuk bertengkar, apakah mungkin kesatuan Indonesia di bawah semboyan bhineka tunggal ika tetap dapat dipertahankan?

Sebagai warna negara yang baik, sudah saatnya kita tahu bahwa masalah sosial dalam masyarakat tidak hanya berkisar pada sesuatu yang nampak. Bisa saja masalah yang timbul sudah diwariskan secara turun-temurun. Contoh konkret masalah yang kerap ditemukan di sekitar berkaitan dengan masalah sosial masyarakat adalah masalah sengketa tanah, perbedaan agama dan keyakinan yang seringkali menimbulkan pertikaian.

Masalah-masalah tersebut seringkali memanas karena dipicu hal yang justru sangat kecil. Dari obrolan ringan di suatu forum, orang yang sensitif dan tidak terima akan menganggap bahwa masalah tersebut harus benar-benar diselesaikan hingga tuntas, tidak peduli bahwa ia juga akan membawa pihak-pihak lain. Padahal bisa jadi orang yang mengangkat topik tersebut sama sekali tidak memiliki niat jahat untuk menyinggung orang yang diajaknya bicara.

Macam macam masalah sosial dalam masyarakat memang membutuhkan perhatian serius. Perlu sosialisasi bagi suatu masyarakat agar tidak mudah terpicu, apalagi naik darah ketika perbedaan pendapat mulai muncul. Sikap toleransi juga harus dikembangkan. Berilah contoh yang baik pada generasi selanjutnya agar mereka selalu memiliki kepala dingin dalam menghadapi masalah sosial.

Selanjutnya : Membaca Kumpulan Puisi yang Bertemakan Negara Saat Lomba
Sebelumnya: Wahana Apa Yang Ada di Sentosa Island ?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar