Macam-Macam Minuman untuk Kesehatan Anak

80 persen tubuh kita terdiri dari air dan senyawa berupa cairan. Sehingga, memang benar pernyataan yang menyebutkan bahwa lebih mudah menjaga kesehatan dengan rutin meminum air minimal 8 gelas sehari.

Namun, tak selalu harus minum air putih. Sebab, macam-macam minuman untuk kesehatan lainnya juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Minuman kesehatan tak hanya bisa diminum oleh orang dewasa. Anak–anak pun sebenarnya juga membutuhkan asupan cairan yang seimbang setiap harinya. Apalagi, bila minuman yang dikonsumsi mampu mengimbangi tak hanya kebutuhan cairan, namun sekaligus kebutuhan vitamin serta elektrolit tubuh lainnya.

Apa saja yang perlu diperhatikan bila ingin memberikan minuman kesehatan bagi anak? Yuk, simak tips berikut ini.

Anak–anak biasanya diberi air putih atau susu untuk pemenuhan kebutuhan cairan dan vitamin penunjang lainnya. Terutama, ASI bagi bayi yang berusia di bawah 6 bulan dan susu formula yang diperuntukkan bagi balita di atas 6 bulan dengan dikombinasi ASI serta makanan lunak lainnya.

Karena, memang dalam susu terdapat berbagai zat gizi seperti kalsium yang mencapai 300 miligram. Kandungan kalsium sebesar itu tentunya bagus untuk kebutuhan pembentukan tulang dan gigi anak–anak. Sehingga, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari meminum susu.

Namun, berapakah sebenarnya susu yang harus dikonsumsi setiap harinya untuk mendapatkan asupan kalsium yang optimal? Belum banyak yang menakar jumlah seharusnya susu dikonsumsi. Namun berikut pedoman kebutuhan kalsium serta pemenuhannya dengan susu untuk anak dan balita.

• Balita (1 – 3 tahun) membutuhkan 700 mg kalsium yang dapat diperoleh dengan minum 2 cangkir susu (480 ml) setiap hari.

• Anak umur 4 – 8 tahun membutuhkan 1000 mg kalsium yang dapat dipenuhi dengan mengonsumsi susu minimal 2 ½ (600 ml)cangkir setiap hari.

• Anak di atas 8 tahun membutuhkan 1300 mg kalsium yang bisa didapatkan dari 3 gelas susu setiap hari atau minimal 720 ml per hari.

Bila perlu, pilih produk susu rendah lemak untuk anak. Jangan lupa memerhatikan penggunaan gula atau pemanis buatan yang dicampurkan pada susu yang dikonsumsi anak.

Gula bisa menyebabkan masalah pada gigi serta penumpukan kalori dalam tubuh yang menyebabkan obesitas. Selain susu, Anda bisa mengkreasikan macam-macam minuman untuk kesehatan yang disukai anak–anak.

Selanjutnya : Suami Sholeh Kunci Surga Dunia Akhirat
Sebelumnya: STSI Bandung Seni Musik Prodi Favorit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...