Macam-macam Nama Permainan Tradisional


Macam-macam nama permainan tradisional yang saat ini sudah semakin terlupakan. Saat kita yang beranjak dewasa, kita mungkin sudah lupa masa-masa kecil kita dalam permainan yang kita mainkan. Layaknya anak-anak pada umumnya masa kecil kita banyak diwarnai dengan senda gurau dalam permainan, karena pada dasarnya anak-anak selalu identik dengan permainan.

Bahkan seorang psikolog anak sekalipun pernah mengatakan bahwa masa anak-anak adalah masa bermain, jadi terapkan setiap pelajaran pada setiap permainanannya yang kelak akan membuatnya belajar untuk menghargai permainan, dapat menangkap hikmah permainan, sekaligus mempererat hubungan persahabatan dengan teman sepermainannya.

Apa itu Permainan Tradisional?

Arti permainan sendiri yakni berbuat untuk menyenangkan hati dengan menggunakan alat kesenangan. Diantara permainan tersebut ada permainan modern dan ada permainan tradisional. Permainan tradisional identik dengan permainan zaman dulu yang biasanya bersifat merakyat dan alat dan bahan permainan adalah berasal dari alam.

Macam-macam Permainan Tradisional

Berikut ini macam-macam nama permainan tradisional yang telah kita kenal sejak zaman dahulu. Walaupun pada saat ini mungkin banyak anak-naka kita yang kurang mengenal permainan ini karena telah banyak beralih pada permainan modern. Diantara permainan tradisional yang sempat populer adalah:

1.    Permainan petak umpet

Permainan ini dimainkan paling sedikit oleh dua orang dan maksimal oleh banyak orang dalam jumlah yang tidak ditentukan. Syarat permainannya adalah salah seorang menjaga gawang agar tidak dipegang oleh teman yang lain.

Untuk mengalahkan yang lain sang penjaga gawang harus mencari posisi dimana teman-teman yang bersembunyi. Dengan demikian ia akan terbebas dari menjaga gawang tersebut.

2.    Kelereng

Permainan ini dimainkan paling sedikit oleh dua orang. Ada berbagai versi dari permainan ini, namun yang jelas selalu berorientasi pada mengenakan kelereng kepada kelereng lawan.

3.    Patok lele

Pada permainan ini kita menyiapkan 2 buah kayu. Sebuah kayu yang panjang sebagai tongkat pemukul dan satu lagu pendek sebagai yang kayu yang akan dipukul. Untuk tongkat pendek diletakkan di antara lubang sebelum dipukul. Hal ini dilakukan secara bergantian. Apabila tongkat yang dipukul ditangkap maka tidak ada poin bagi yang memukul.

Inilah macam-macam nama permainan tradisional yang dapat anak Anda mainkan di rumah, sebenarnya masih banyak lagi permainan tradisional lain yang dapat memacu kreativitasnya. Aneka permainan tersebut ramah lingkungan dan yang pasti membuat si kecil terhibur. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Proses Metabolisme Karbohidrat
Sebelumnya: Jenis-jenis Ikan Koki
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar