Macam-macam Olahraga Air – Dari Berenang Sampai Menyelam


Seperti namanya olahraga air adalah jenis olahraga yang dilakukan di air atau melibatkan air sebagai medianya. Olahraga air pun banyak jenisnya, dari yang umum dan sering dilakukan oleh banyak orang misalnya berenang, hingga yang khusus dan memerlukan teknik, cara, atau peralatan yang khusus pula seperti polo air, menyelam, snorkeling, triatlon, dan lain sebagainya. Yang akan dibahas dalam tulisan ini adalah macam-macam olahraga air yang paling disukai atau terpopuler.

Jenis-jenis Olahraga Air

Jenis olahraga air yang paling paling umum dan populer tentu saja adalah renang. Selain menyenangkan, aktivitas berenang juga tidak memerlukan peralatan yang ribet. Bahkan, berenang bisa dilakukan tanpa memakai peralatan khusus apabila memang hanya untuk olahraga ringan atau sekadar bersenang-senang saja.

Dalam konteks jenis olahraga air yang diperlombakan, misalnya, renang juga memiliki berbagai teknik dan perlengkapan khusus. Ada beberapa gaya berenang yang biasa diperlombakan, yaitu gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada. Pemenang dalam suatu perlombaan renang adalah perenang tercepat yang mampu menyelesaikan jarak lintasan.

Jenis olahraga air yang berikutnya adalah polo air. Olahraga ini merupakan jenis olahraga air yang dilakukan secara berkelompok atau beregu. Polo air juga kerap disebut sebagai olahraga yang merupakan kombinasi dari beberapa cabang olahraga lain, seperti renang, gulat, sepakbola, dan basket.

Setiap regu dalam olahraga polo air terdiri dari tujuh pemain di mana salah seorang di antaranya bertugas menjadi kiper atau penjaga gawang. Cara bermain polo air pun mirip dengan pertandingan sepakbola. Dua tim yang bertanding harus mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang tim lawan. Setiap gol yang tercipta dihitung satu poin. Tim yang unggul jumlah poin berarti itulah sang pemenang.

Selain renang dan polo air, ada lagi jenis olahraga air yang paling populer, yaitu menyelam atau diving. Secara harfiah, menyelam dapat diartikan bertahan di bawah air. Sedangkan dalam konteks olahraga, diving terdiri dari dua jenis, yaitu menyelam tanpa alat bantu pernapasan, misalnya snorkeling dan selam bebas, serta menyelam dengan alat bantu pernapasan, misalnya selam scuba dan surface supplied diving.

Aktivitas menyelam saat ini telah menjadi salah satu pilihan kegiatan atau wahana yang disediakan di obyek wisata air. Di Indonesia, misalnya, ada beberapa lokasi wisata yang menawarkan kegiatan diving, sebut saja di Bunaken (Sulawesi Utara), Bintan (Riau), Pulau Derawan (Kalimantan Timur), Karimun Jawa (Jawa Tengah), Pulau Komodo (NTT), Nusa Penida (Bali), Raja Ampat (Papua), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan lain-lain. Demikian ulasan singkat mengenai macam-macam olahraga air yang dinilai paling populer dan paling disukai.

Selanjutnya : Model Kebaya Pernikahan Para Artis Indonesia
Sebelumnya: Sejarah Mitos Terjadinya Bintang Jatuh
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar