Macam-macam Olahraga Atletik dan Penjelasannya


Olahraga atletik adalah salah satu cabang olahraga yang mudah dilakukan. Sebagian besar cabang olahraga atletik ini tidak membutuhkan alat bantu dan hanya membutuhkan sarana lapangan saja. Gerakan-gerakan pada olahraga atletik mudah dilakukan karena sebagian besar diambil dari gerakan dalam kehidupan sehari-hari seperti berlari, melompat dan melempar. Olahraga ini biasanya juga sudah diperkenalkan sejak di sekolah dasar sehingga olahraga ini sudah tak asing lagi bagi banyak orang.

Macam-macam Olahraga Atletik

Olahraga atletik ini secara umum di kelompokkan ke dalam tiga kategori yakni kategori lari, lompat dan lempar. Untuk mengenal lebih jauh mengenai olahraga yang satu ini, berikut macam-macam olahraga atletik dan penjelasannya.

• Lari

Sprint: lari dengan jarak 60 meter, 100 meter hingga 400 meter.

Lari berintang: pelari akan dihadang dengan beberapa rintangan dengan menempuh jarak kurang lebih 300 meter.

Estafet: lari estafet atau lari bersambung ini dilakukan oleh empat orang pelari dalam satu jalur yang sama. Jarak yang ditempuh untuk masing-masing pelari adalah 100 meter, 200 meter, 400 meter dan 800 meter.

• Lompat

Lompat tinggi: pada cabang ini, lompatan dilakukan dengan bantuan mistar yang ditekankan dipermukaan untuk melampui galah yang telah disiapkan.

Lompat galah: pada cabang ini, seseorang harus melampaui sebuah mistar yang disangga pada dua buah tiang.

Lompat jauh: lompatan dilakukan tanpa menggunakan alat apapun. Seseorang harus mengusahakan sendiri untuk bisa melompat sejauh kemampuannya.

Lompat ganda: lompatan yang dilakukan sama seperti pada cabang lompat tinggi. Hanya saja lompatan dilakukan oleh dua orang.

• Lempar

Lempar lembing: dalam cabang ini, seseorang harus melemparkan sebuah lembing sejauh mungkin.

Lempar cakram: dalam cabang ini, seseorang harus melemparkan sebuah cakram sejauh mungkin. Cakram ini berbentuk pipih seperti piring.

Tolak peluru: dalam cabang ini, seseorang harus bisa melemparkan bola besi dengan berat yang beragam sejauh mungkin.

Olahraga Atletik Sebagai Induk Olahraga

Macam olahraga atletik serta penjelasannya telah memberi gambaran sederhana mengenai olahraga yang satu ini. Olahraga atletik yang sederhana dan mudah dilakukan ini merupakan induk dari semua olahraga. Sebab pada cabang-cabang olahraga yang lain, unsur-unsur olahraga atletik selalu bisa ditemukan.

Selain itu, olahraga atletik ini pula yang dipertandingkan dalam olimpiade yang pertama. Dalam macam-macam olahraga atletik dan penjelasannya juga tergambar bahwa olahraga ini begitu kaya dan menantang. Karena itu pula, olahraga ini tetap diminati hingga kini.

Selanjutnya : Feature Tokoh Karya Ilmiah Bahasa Indonesia
Sebelumnya: Falsafah Pancasila
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar