Macam-Macam Pemisahan Campuran dalam Proses Kimia


Di bumi ini, banyak sekali senyawa-senyawa dan unsur yang dihasilkan. Unsur-unsur kimia tersebut ada yang bermanfaat dan tidak bermanfaat. Terkadang untuk mendapatkan energi dan unsur kimia yang bermanfaat, harus terlebih dahulu memisahkan campuran. Macam-macam pemisahan campuran pun harus diperhatikan dengan baik.

Pemisahan campuran dalam proses kimia terbagi menjadi pemisahan campuran heterogen dan homogen. Pada campuran heterogen, proses pemisahan yang terjadi, antara lain sedimentasi, sentrifugal, dan filtrasi.

Pada campuran homogeny, proses pemisahan lebih banyak lagi, yaitu absorpsi, destilasi, komatografi, evaporasi, kristalisasi, sublimasi, ekstraksi, dan pengeringan.

Proses sedimentasi dilakukan dengan cara pengendapan. Hal ini dilakukan untuk memisahkan bentuk padatan. Proses sentrifugal memisahkan padatan dalam jumlah yang kecil. Selain itu, pada proses sentrifugal ini melibatkan gaya gravitasi bumi. Cara ini juga sering disebut dengan memusingkan suatu unsur.

Proses dengan filtrasi bertujuan untuk memisahkan dengan cara menyaring. Penyaringan ini dilakukan untuk membandingkan unsur yang disaring. Alat yang digunakan disebut sebagai penyaringan.

Ukuran penyaringan biasanya disesuaikan dengan benda yang akan disaring. Proses ini dapat diamati dalam menjernihkan air agar didapatkannya air yang bersih.

Metode kristalisasi atau yang disebut juga dengan penguapan dapat dilakukan dengan cara memanaskan unsur yang akan dipisahkan. Kemudian, uap ini akan terbentuk kristal-kristal yang dibutuhkan. Contoh metode ini, terjadi pada saat produksi garam, terutama pada garam Madura.

Kromatografi mendasarkan pemisahannya pada kecepatan pelarutan dari suatu unsur. Semakin cepat unsur itu larut, maka akan semakin cepat pula pemisahannya.

Untuk menguji metode ini, dapat dilakukan dengan cara meneteskan air pada kertas yang memiliki perbedaan ciri-cirinya. Lalu, pada proses ekstraksi terkadang diperlukan beberapa zat penunjang untuk memisahkan campuran.

Pada proses sublimasi atau penyubliman merupakan perubahan dari zat padat menjadi uap. Begitu pula dengan uap yang berubah menjadi padat, dikategorikan sebagai penyubliman. Contoh peristiwa penyubliman yang sering dijumpai adalah kapur barus yang padat dan lama kelamaan akan menjadi kecil, bahkan habis karena berubah menjadi uap.

Macam-macam pemisahan dalam proses kimia pada umumnya sudah sering terjadi di masyarakat dan mudah untuk diamati. Hanya saja banyak yang tidak menyadari keberadaan proses tersebut. Demikianlah ulasan tentang macam-macam pemisahan campuran. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Kandungan Dalam Surat Yasin
Sebelumnya: Macam-Macam Menulis Kreatif
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar