Macam Macam Pendekatan Dalam Metode Penelitian Hukum


Penelitian hukum adalah jenis penelitian yang menjadikan hukum sebagai objek dari hal yang diteliti atau bahan utama di dalam penelitian tersebut. Di dalam melakukan penelitian hukum ini akan dilakukan macam macam pendekatan dalam metode penelitian hukum.

Pendekatan Metode Penelitian Hukum

Berikut ini adalah beberapa bentuk dari pendekatan yang dilakukan dalam metode penelitian hukum.

  1. Pendekatan untuk melakukan pengkajian terhadap asas-asas yang ada di dalam hukum itu sendiri. Hal ini dikaitkan dengan penelitian yang dilakukan akan keterkaitan antar asas tersebut dengan doktrin hukum dengan hukum positif ataupun hukum yang ada di dalam kehidupan manusia di dalam masyarakat.
  2. Pendekatan yang dilakukan terhadap sistematika dari hukum itu sendiri. Hal ini dilakukan dengan penelitian melalui cara menelurusi adanya keterkaitan antara hukum dasar, hukum yang memiliki sifat instrumental dan juga sifat operasional yang dilakukan secara sistemik.
  3. Pendekatan sinkronisasi hukum. Hal ini dilakukan dengan melakukan penelaaan akan hukum dengan melakukan sinkroniasi antara hukum secara vertikal dengan menggunakan asas atribusi, delegasi dan juga mandat. Sedangkan proses sinkronisasi yang dilakukan pada hukum secara horisontal dilakukan melalui asas delegasi.
  4. Pendekatan perbandingan hukum. Hal ini dilakukan dengan penelaan terhadap dua hukum atau lebih dengan menggunakan asas perbandingan. Dari sini akan dilihat apakah dari kedua hukum atau lebih ini terdapat perbedaan ataupun kesamaan.
  5. Pendekatan bedah kasus. Hal ini dilakukan dengan cara menganalisa satu kasus tertentu dan dilihat dari segi hukumnya. Hal yang dianalisa meliputi latar belakang atau motif yang mendasari hal tersebut serat bagaimana pandangan hukum mengenai kasus yang terjadi tersebut.
  6. Pendekatan disiplin yang lain. hal ini dilakukan dengan menggunakan keterkaitan hukum yang ada dengan hal yang lain misalnya dengan dispilin ilmu lain sebagai contoh hukum kaitannya dengan ilmu sosial masyarakat.

Inilah macam macam pendekatan dalam metode penelitian hukum yang dapat dilakukan. Semuanya adalah untuk emmudahkan proses penelitian hukum terjadi dengan lebih mudah lagi.

Selanjutnya : Dinding Abdomen Manusia
Sebelumnya: Serba Serbi Bayi 4 Bulan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar