Macam-macam Penerbangan

Pada dunia penerbangan, dikenal macam-macam penerbangan yang berbeda.Perbedaan tersebut tentunya terdapat dalam berbagai kategori. Adapun penerbangan yang dimaksud adalah penerbangan militer dan penerbangan sipil. Di dunia internasional, penerbangan militer dikenal dengan penerbangan Negara (State aircraft) dan penerbangan sipil sering disebut civil aircraft.

Jenis-jenis Penerbangan

Loading...

Penerbangan militer merupakan penerbangan yang khusus digunakan oleh pihak-pihak militer. Yang dimaksud dengan pihak militer adalah pihak-pihak yang bertugas untuk melindungi keamanan negara, seperti Tentara Nasional Indonesia dan polisi. Pesawat yang digunakan pun berbeda dari segi morfologi luar maupun dalam.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan penerbangan militer ketika mengudara. Penerbangan militer tidak boleh melintasi wilayah udara negara lain secara bebas, kecuali sudah ada kerja sama atau perjanjian terlebih dahulu. Jadi, pada umumnya penerbangan militer hanya beroperasi di wilayah negara sendiri saja.

Jenis penerbangan yang kedua adalah penerbangan sipil (civil aircraft). Penerbangan sipil merupakan semua penerbangan selain penerbangan militer. Penerbangan sipil merupakan penerbangan yang penggunaannya pada dasarnya ditujukan untuk masyarakat umum dari semua kalangan.

Perbedaan penerbangan sipil dengan penerbangan militer pada umumnya adalah kebalikan dari ketentuan penerbangan militer. Penerbangan umum tidak dilarang melintasi wilayah udara negara lain, kecuali terjadi peperangan antara negara tersebut dengan negara pemilik penerbangan.

Macam Penerbangan yang ada di Indonesia

Indonesia yang luas dan memiliki beribu pulau ini memiliki maskapai penerbangan yang terbilang banyak. Penerbangan-penerbangan tersebut ada yang asli milik Indonesia, ada pula milik perusahaan asing dari negara lain, atau yang paling banyak adalah hasil kerja sama.

Adapun beberapa maskapai penerbangan yang ada di Indonesia di antaranya Air Asia  Airlines, Batavia Air, Lion Air, Merpati Airlines, Sriwijaya Air, Wings Air, Airfast Indonesia, Air China, Chathay Pacific, China Airlines, China Southern, Citilink Airlines, Etihad Airways, Japan Airlines, Korean Air, Kuwait Airways, Lufthansa, Philippine Air, Qantas, Qantas Air, Qatar Airways, Royal Brunei, Singapore Airlines,  Tahy Airways, Value air, Viva Macau, Xpress Air, Yemenia Airlines. Itulah macam-macam penerbangan yang ada di Indonesia.

Dari beberapa penerbangan tersebut, Anda dapat menentukan mana saja yang menjadi andalan dan cocok bagi Anda saat bepergian. Tentunya kualitas menjadi keutamaan dalam hal ini. Kualitas dapat meliputi kemudahan memperoleh tiket, ketepatan waktu, keramahan pramugari, dan sebagainya. Semoga wacana di atas dapat memberi manfaat bagi Anda.

Loading...
Selanjutnya : Beberapa Kesalahan serta Pelanggaran Futsal
Sebelumnya: Resep Agar-Agar Rumput Laut Sederhana
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar