Waspadai Macam-macam Penyakit Akibat Parasit Cacing


Kesehatan tubuh yang menurun tidak hanya disebabkan oleh virus atau bakteri, karena ada macam-macam penyakit akibat parasit yang patut untuk diwaspadai. Parasit adalah organisme yang hidup dan berkembang biak dengan cara menghisap makanan dari organisme lainnya. Kita sebagai manusia juga bisa menjadi target dari parasit ini. Salah satu parasit yang bisa hidup dan menimbulkan penyakit pada manusia adalah cacing.

Penyakit cacing memang sudah cukup umum di masyarakat. Penyakit seperti ini biasanya disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan tubuh dan makanan, sehingga telur cacing tidak sengaja dikonsumsi. Cacing-cacing ini kemudian hidup dan berkembang biak dengan merampas nutrisi makanan maupun darah di dalam tubuh manusia.

Sebagian jenis cacing mungkin tidak terlalu berbahaya dan mudah diatasi dengan obat-obat tertentu, namun ada pula penyakit akibat cacing yang sukar untuk diobati. Di bawah ini akan dijelaskan secara singkat tentang beberapa jenis parasit cacing yang bisa menimbulkan penyakit pada manusia.

•    Ascaris lumbricoides
Cacing ini menyebabkan penyakit askariasis yang menjadi penyakit terbesar kedua yang disebabkan oleh parasit. Cacing Ascaris juga kerap disebut dengan cacing gelang. Gejala yang timbul bisa berupa demam, sesak napas, diare, mual-mual, dan tidak nafsu makan.

•    Oxyuris vermicularis
Biasa disebut juga dengan cacing kremi dan biasanya dialami oleh anak-anak. Cacing kremi hidup dan berkembang biak di usus, namun kremi betina dewasa biasanya akan menuju anus untuk menyimpan telur pada malam hari. Karena itulah biasanya penderita cacing kremi sering merasa gatal pada anusnya pada malam hari. Khusus bagi anak perempuan, cacing kremi bisa masuk ke vagina dan menyebabkan iritasi.

•    Taenia
Taenia atau cacing pita adalah salah satu parasit paling berbahaya bagi manusia. Keluhan yang bisa ditmbulkan adalah rasa mual, pusing, diare, gatal-gatal pada anus, penurunan berat badan, nyeri perut, maupun gangguan pernapasan. Bila tidak segera ditangani, cacing pita juga bisa menyebabkan kematian

•    Wuchereria bancrofti
Ini adalah penyebab penyakit kaki gajah. Cacing ini bisa masuk ke dalam tubuh dan hidup di pembuluh limfa kaki. Saat jumlahnya terlalu banyak, pembuluh limfa akan tersumbat hingga kaki membengkak.

Itulah beberapa jenis cacing yang bisa membahayakan kesehatan tubuh manusia. Semoga informasi mengenai macam-macam penyakit akibat parasit cacing ini bisa bermanfaat.

Selanjutnya : Macam-macam Penyakit Kulit yang harus Diwaspadai
Sebelumnya: Kenali Macam-macam Nama Bunga dan Warnanya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar