Macam-Macam Penyakit pada Lidah Manusia dan Penyebabnya


Lidah adalah salah satu organ tubuh manusia yang juga berfungsi sebagai indera pengecap, dan organ yang satu ini jelas tak bisa menghindar dari serangan penyakit, baik yang ringan maupun berbahaya. Lalu apa saja macam-macam penyakit pada lidah manusia dan penyebabnya?

Salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan suatu organ tubuh adalah kebersihan dan perawatan yang baik, tak terkecuali untuk lidah. Penyakit lidah bisa timbul karena beberapa hal, mulai dari kurangnya usaha kita dalam menjaga kebersihan mulut hingga pengaruh bahan-bahan kimia tertentu.

Di bawah ini adalah beberapa contoh penyaktit lidah yang harus kita waspadai:

•  Sariawan

Ini adalah penyakit yang paling umum diderita lidah. Tak hanya lidah, sariawan juga bisa terjadi pada dinding mulut/pipi bagian dalam. Penyebab utama dari penyakit ini adalah kekurangan vitamin C, namun bisa juga disebabkan oleh alergi atau hal-hal kesalahan yang dibuat oleh manusia itu sendiri. Misalnya lidah tergigit hingga luka atau meminum air yang sangat panas hingga permukaan lidah melepuh dan terjadi sariawan.

•  Kanker Lidah

Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya dan mematikan, tak terkecuali kanker lidah. Kebanyakan penderita kanker lidah adalah mereka yang tergolong perokok berat, walau begitu penyebab pasti terjadinya kanker rokok belum bisa diketahui. Tapi, ada beberapa hal yan diyakini bisa memicu kanker lidah, seperti luka kronis, paparan sinar-X dan ultraviolet, menurunkan kekebalan tubuh, maupun faktor genetik.

•  Oral candidosis

Penyakit yang satu ini memiliki gejala adanya lapisan putih pada permukaan lidah. Biasanya lapisan ini bisa diambil/dikerok. Penyeab utama penyakit ini adalah infeksi jamur candida albicans.

•  Atropic glossitis

Berbeda dengan oral candidosis, penyakit ini membuat lidah tampak sangat licin. Penyebab utama penyakit tersebut adalah kurangnya asupan zat besi dalam tubuh, sehingga kebanyakan penderita penyakit ini adalah mereka yang juga mengalami anemia.

Itulah macam-macam penyakit pada lidah manusia dan penyebabnya yang harus Anda ketahui. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan mulut serta mengatur pola makan agar kita semua terhindar dari penyakit lidah yang berbahaya.

Selanjutnya : Minuman Ciri Khas Daerah di Indonesia
Sebelumnya: Mengenali Telur Gurame
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar