Macam-Macam Penyakit pada Tanaman Cabe


Bagi yang ingin bertani atau melakukan budidaya tanaman cabai maka hendaknya mengetahui berbagai hal seputar macam-macam penyakit pada tanaman cabe. Hal ini diperlukan sebagai modal dasar sebelum melakukan budidaya cabai.

Budidaya cabai memang menggiurkan sebagaimana komoditas dapur lainnya yang harganya selalu berada di atas angin. Bumbu dapur yang satu ini memang tidak pernah terlepas dari masakan yang ada pada setiap masakan orang Indonesia.

Cita rasa orang Indonesia yang kebanyakan suka akan masakan pedas menjadi cabai memiliki peminat yang besar sehingga harganya pun relatif mahal. Oleh karena itu, tidaklah heran jika di waktu yang tepat banyak petani cabai yang diuntungkan.

Namun tidak dipungkiri juga bahwa petani mengalami kerugian akibat gagal panen ataupun harga cabai yang mengalami penurunan. Namun kerugian yang cukup besar adalah gagal panen yang bisa saja diakibatkan oleh hama dan penyakit pada tanaman cabai.

Beberapa macam penyakit yang biasanya menyerang tanaman cabai diantaranya adalah sebagai berikut.

1.    Layu daun

Penyakit pada cabai ini disebabkan oleh cendawan fusarium atau jamur fusarium. Biasanya terjadi pada tanaman cabai yang ditanam dengan kelembapan udara cukup tinggi. Kondisi daun akan berwarna kuning dan akhirnya layu.

2.    Busuk daun

Penyakit ini juga disebabkan oleh cendawan atau jamur yang menyerang pada tanaman cabai. Biasanya orang menyebutnya dengan sebuta cacar daun yang mengakitbatkan timbulnya bintik hitam pada daun dalam jumlah banyak dan tidak beraturan.

3.    Busuk buah

Penyakit ini juga terjadi karena ulah cendawan atau jamur. Pada mulanya berbentuk bintik hitam kecil pada buah yang akhirnya membesar dan membuat buah menjadi busuk

4.    Rebah batang

Disebabkan oleh cendawan atau jamur yang menyebabkan batang menjadi busuk dan mati.

5.    Busuk kuncup

Juga disebabkan oleh jamur atau cendawan yang menyerang pada bagian kuncup tanaman cabai.

6.    Bercak daun

Penyakit ini juga disebabkan oleh cendawan yang biasanya akan menyerang di musim penghujan.

Untuk pengendalian penyakit yang disebabkan oleh jamur maka cara yang bisa ditempuh adalah dengan menjaga asupan makanan yang diberikan pada tanaman cabai. Disarankan menggunakan pupuk alami dan mengurangi penggunaan bahan kimia.

Hal ini dilakukan agar  macam-macam penyakit pada tanaman cabe tersebut tidak semakin parah dan menyebar kemana-mana. Belum lagi penggunaan bahan kimia yang harganya mahal sehingga mengakibatkan kerugian yang tidak diinginkan.

Selanjutnya : Macam-Macam Program Aplikasi Desain Grafis
Sebelumnya: Macam-Macam Nama Orang Jawa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar