Macam-Macam Penyakit Seksual Pada Manusia

Definisi penyakit seksual atau Penyakit Menular Seksual (PMS) adalah penyakit yang menyerang organ intim atau kelamin baik pria atau wanita yang disebabkan oleh penularan kuman, virus, jamur, dan bakteri, baik melalui hubungan seks oral maupun melalui hubungan seks kelamin. Namun, penyakit kelamin ini juga dapat ditularkan melalui pertukaran cairan misalnya melalui penggunaan jarum suntik secara bersama-sama.

Jenis-jenis Penyakit Seksual

Loading...

Jenis-jenis penyakit seksual pada manusia di antaranya:

  1. Syphilis atau Raja Singa adalah penyakit yang bisa menyerang kelamin pria ataupun wanita dengan gejala luka atau lecet di alat kelamin bahkan hingga di seluruh tubuh.
  2. Gonorhea atau Kencing Nanah adalah infeksi setelah berhubungan kelamin yang disebabkan oleh bakteri dengan gejala sering keluar cairan, kelamin kemerahan dan gatal, serta sakit saat buang air kecil.
  3. Herpes Genitalis adalah penyakit kelamin dengan gejala demam dan rasa gatal perih pada kelamin karena luka berlubang yang terbuka dan berair.
  4. HPV yang disebabkan virus Human Papilloma dengan gejala bisul pada alat kelamin yang pada wanita dapat menyebabkan kanker serviks.
  5. Klamidia disebabkan oleh bakteri dan menyebabkan keluarnya cairan serta rasa gatal di penis atau vagina dan mengakibatkan radang panggul.
  6. HIV/AIDS adalah penyakit yang penularannya melalui darah dan air mani dan merupakan penyakit yang paling berbahaya karena menyerang sistem kekebalan tubuh dan dapat menyebabkan penderitanya meninggal dunia bila lambat ditangani.

Pencegahan

Pencegahan penyakit seksual pada manusia di antaranya dengan menghindari hubungan seksual berisiko (dengan pekerja seks komersil/seseorang yang baru dikenal di klub malam), jangan berganti-ganti pasangan dan jauhi seks bebas, jaga selalu kebersihan alat kelamin, pemeriksaan pap smear secara berkala untuk wanita, dan segera lakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter spesialis bila anda merasakan sejumlah gejala penyakit seksual.

Penanganan penyakit seksual bermacam-macam tergantung tingkat keparahannya yaitu mulai dari pengolesan krim antijamur di alat kelamin, pemberian obat-obat antibiotik dan penicilin yang dikonsumsi, suntikan vaksin, hingga tindakan operasi atau pembedahan.

Dengan mengetahui macam-macam penyakit seksual pada manusia dan memahami akibatnya bagi kesehatan, semoga Anda bisa mencegah diri dan keluarga dari tertularnya penyakit tersebut.

Loading...
Selanjutnya : Mengenal Keith Richards
Sebelumnya: Karangan Deskripsi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar