Manfaat Macam-macam Pidato Tentang Agama


Macam-Macam Pidato Tentang Agama

Macam-macam pidato tentang agama sekarang ini sudah mudah untuk didapatkan. Anda bisa mendengarnya langsung di masjid atau pengajian, di radio dan televisi, atau bahkan di media internet sekalipun.

Hal tersebut membuktikan bahwa kegiatan agama di Indonesia sudah semakin meningkat. Sehingga seseorang yang sibuk dalam bekerja sekalipun tetap bisa mendapatkan pidato singkat dari berbagai media mengenai hukum-hukum agama, berbagai pengetahuan mengenai agama, dan cara-cara yang baik untuk melakukan pengembangan spiritual di dalam diri.

Dalam kehidupan sosial yang serba modern ini, pidato tentang agama tidak hanya difokuskan terhadap syariat agama yang kemudian ditunjukkan lewat beragam ayat suci dan kutipan-kutipan hadits.

Anda juga bisa mengembangkan pidato mengenai agama dengan memberikan motivasi kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan keinginan beribadah dan melakukan kebaikan terhadap sesama manusia.

Jenis pidato tentang agama yang sering dikenali adalah mengenai cara beribadah yang baik dan benar, sesuai dengan ajaran agama dalam kitab suci.

Akan tetapi, perkembangan pemikiran manusia yang semakin mengglobal justru membuat pidato semacam itu hanya sebagai angin lalu yang nantinya dilupakan jika manusia sudah kembali pada kehidupan ekonomi dan sosialnya.

Oleh karena itu, diperlukan pula jenis pidato tentang agama yang lebih menekankan perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana sebaiknya manusia yang satu berhubungan dengan manusia yang lain, serta bagaimana memberikan tindakan yang baik untuk kemajuan alam dan sesama manusia.

Jika dilihat sepintas, pengetahuan agama manusia zaman sekarang justru lebih mumpuni dibandingkan pengetahuan masyarakat pada zaman dahulu.

Akan tetapi, munculnya beraneka ragam kegiatan modern justru membuat pengetahuan tersebut hanya mengendap sebagai sesuatu yang diketahui belaka tanpa direalisasikan dalam kehidupan nyata.

Hal tersebutlah yang seyogyanya menjadi titik penting dalam proses pengembangan agama yang dilakukan oleh para pemuka dan pelaku agama.

Memberikan contoh yang baik dalam berperilaku, akan lebih bermanfaat dibandingkan dengan memberikan dogma dan stigma tertentu mengenai hukum suatu agama di dalam pidato.

Untuk memberikan hasil yang baik secara perlahan, memang dibutuhkan berbagai macam pidato tentang agama. Hal ini digunakan secara formal untuk mengingatkan diri sendiri dan orang lain mengenai pentingnya mematuhi hukum-hukum agama.

Oleh sebab itu, ada beberapa hal penting yang sebaiknya dibahas dalam pidato tentang agama. Hal-hal tersebut meliputi :

  1. Pengetahuan dan hukum dalam agama
  2. Tindakan dalam merealisasikan pengetahuan dan hukum tersebut
  3. Hubungan antara manusia dengan Tuhannya
  4. Hubungan antara manusia dengan manusia
  5. Hubungan antara manusia dengan alam sekitarnya

Kelima hal tersebut jika dimasukkan ke dalam outline macam-macam pidato tentang agama akan menjadi sesuatu yang dapat memotivasi manusia untuk bisa melakukan hidup yang lebih baik. Tidak hanya dalam hal beribadah, tapi juga dalam meningkatkan kualitas diri dan sesama manusia.

Selanjutnya : Teliti Perbandingan Avanza Veloz dengan Innova
Sebelumnya: Pengembangan Koperasi di Sekolah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar