Macam-Macam Prasasti Bali yang Pernah Ditemukan


Indonesia merupakan sebuah negara yang pada zaman dahulu banyak dihuni oleh banyak kerajaan-kerajaann di setiap daerahnya. Baik kerajaan yang menganut Hindu, Budha, atau Islam. Salah satu sumber sejarah yang bisa menjadi penyampai informasi mengenai situasi kerajaan atau apa saja yang terjadi selama zaman kerajaan tersebut adalah prasasti.

Tentang Prasasti

Prasasti biasanya berupa batu yang berisi tulisan dan bahasa yang digunakan pada masa kerajaan tersebut berdiri. Ada banyak prasasti yang ditemukan di berbagai daerah di Indonesia salah satunya di Bali. Ada macam-macam prasasti Bali yang menjadi bukti sejarah kerajaan-kerajaan atau situasi yang terjadi pada masa tersebut.

Prasasti Bali yang pernah ditemukan di antaranya adalah prasasti Blanjong yang ditemukan di daerah Sanur dan terdapat dua bahasa yaitu bahasa Bali Kuna dan Sanskerta, prasasti Bebetin yang ditemukan di Sawan, Buleleng, dan prasasti Pandak Badung di daerah Tabanan di Bali.

Ketiga prasasti tersebut banyak memberikan informasi mengenai sejarah kerajaan-kerajaan di Bali. Salah satu prasasti yaitu prasasti Blanjong merupakan prasasti yang berisi sejarah tertua pulau Bali. Prasasti Blanjong adalah prasasti yang dikeluarkan oleh Sri Kesari Warmadewa, raja Bali pada masa itu. Dua bahasa yang terdapat dalam prasasti ini juga ditulis dengan dua huruf yang berbeda yaitu huruf Pra-Nagari untuk yang berbahasa Bali Kuna dan huruf Kawi untuk yang berbahasa Sankserta.

Prasasti Blanjong berisi berita kemenangan dari Raja Sri Kesari Warmadewa yang duah mengalahkan musuh-musuhnya di gurun dan di swal. Dalam prasasti tersebut juga ada keterangan tahun yaitu tahun 835 Caka bulan Phalguna. Berdasarkan keterangan tersebut prasasti Blanjong kemungkinan besar disahkan atau dikukuhkan pada tahun 835 Caka oleh Raja Sri Kesari Warmadewa.

Prasasti merupakan warisan berharaga yang memberikan informasi penting tentang apa yang terjadi pada zaman kerajaan dahulu yang sudah seharusnya dijaga kelestarian serta disampaikan isisnya agar sejarah ini tetap bisa dikenal dan diketahui masyarakat luas. Informasi mengenai macam-macam prasasti Bali yang pernah ditemukan diharapkan bisa banyak bermanfaat.

Selanjutnya : Doa Menangkap Ikan
Sebelumnya: Menulis Artikel Negara Yang Menganut Sistem Demokrasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar