Macam-macam Proposal Penelitian Kuantitatif


Sebelum membuat proposal penelitian kuantitatif, terlebih dahulu kita perlu mengetahui beberapa hal. Misalnya, pengertian penelitian kuantitatif, macam-macam proposal penelitian kuantitatif, serta perbedaan antara proposal penelitian kualitatif dan proposal penelitian kuantitatif.

Pada dasarnya, penelitian ilmiah adalah suatu kegiatan mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan menyajikan data secara sistematis dan objektif guna mendapatkan pemecahan atas suatu permasalahan atau melakukan pengujian terhadap suatu hipotesis awal untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum. Penelitian ilmiah dibedakan menjadi dua macam, yaitu penelitian kuantititatif dan penelitian kualitatif.

Penelitian kuantitatif dilakukan untuk menjawab suatu persoalan dengan mencari data-data di lapangan. Penelitian kualitatif dilakukan untuk menguji suatu hipotesis dengan mengamati suatu subjek penelitian. Dari pengertian tersebut terlihat sangat jelas perbedaan antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif.

Dari pengertian itu pula bisa dibedakan bentuk proposal penelitian kuantitatif dan proposal penelitian kualitatif. Proposal penelitian kuantitatif akan lebih mengarah kepada persoalan-persoalan apa yang akan dihadapi di tempat penelitian serta  pertanyaan-pertanyaan mengenai apa yang akan dilakukan di tempat penelitian. Penelitian kuantitatif akan berusaha mencari tahu “Bagaimana keadaan Bahasa X di daerah Y?”, “Bagaimana jenis tanaman X berkembang di daerah Y?”, “Bagaimana jenis ikan X bisa bertahan hidup di daerah Y?”.

Sementara itu, proposal penelitian kualitatif akan lebih mengarah kepada pemaparan masalah-masalah yang diasumsikan akan dihadapi di tempat penelitian. Penelitian kualitatif akan mencari tahu “Apakah benar Bahasa X memiliki pengaruh terhadap penerimaan mata pelajaran di Sekolah Y?”, “ Apakah benar anak-anak pada umur X akan mudah menerima masukan Bahasa Y di Sekolah Z?”, “Apakah benar penyampaian materi pelajaran dengan menggunakan Bahasa X lebih efektif daripada menggunakan Bahasa Y?”. Penelitian kualitatif lebih sering berupa suatu studi kasus yang terjadi pada suatu wilayah, institusi, atau organisasi spesifik tertentu.

Nah, ada berbagai macam proposal penelitian kuantitatif yang bisa diambil. Kita bisa mengambil contoh yang paling sederhana, semisal, “Faktor-faktor yang menyebabkan Tingginya Nilai Rapor Siswa SD Tertentu”. Dalam proposal penelitian ini, kita berupaya memecahkan rumusan masalah. Pertama, tentunya pasti ada perbedaan nilai rapor antara satu siswa dengan siswa lain di SD tersebut. Namun, apa sebenarnya yang menjadi faktor? Kemudian kita menganalisisnya lebih dalam lagi. Apakah faktor seperti (1) seringnya makan pagi, (2) kemampuan membeli buku wajib, dan (3) kesukaan membaca di perpustakaan, mempengaruhi mereka?

Demikian uraian mengenail macam-macam proposal penelitian kuantitatif. Ketika kita sudah memahami konsep penelitian kuantitatif, maka akan sangat mudah menemukan macam-macam proposal penelitian kuantitatif.

Selanjutnya : Contoh Makalah
Sebelumnya: Macam-macam Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar