Mengenal Pengertian dan Macam-macam PT Unilever

Pengertian dan macam-macam PT Unilever menjadikan kita ingin mengatahuinya. Ada banyak badan usaha yang modalnya dimililiki oleh suasta dengan tujuan mencapai keuntungan, salah satunya adalah PT Unilever. Sebagian pembaca mungkin sudah tidak asing dengan merk Rinso, Clear, Sunsilk dan Dove. Merk-merk tersebut merupakan beberapa merk dari PT Unilever.

PT Unilever di Indonesia

Unilever adalah perusahaan multinasional yang bergerak dalam bidang penyediaan barang. Unilever didirikan pada tahun 1930, bermarkas di Rotterdam Belanda. Perusahaan ini memproduksi berbagai jenis makanan, minuman, pembersih dan barang-barang kebutuhan pribadi.

PT Unilever di Indonesia berdiri dari tahun 1933, tepatnya 5 Desember 1933. Awalnya bernama Zeepfabrieken N.V. Lever. Pada tanggal 22 Juli 1980 Perusahaan ini berganti namanya menjadi PT Lever Brothers Indonesia, lalu pada tahun 1997 berubah menjadi PT Unilever Indonesia.

Pada tahun 1981 perusahan ini mendaftarkan  sahamnya sebanyak 15% ke bursa efek Jakarta dan bursa efek Surabaya dan memiliki lebih dari 1000 supplier.

Macam-macam PT Unilever yang tedapat di Indonesia antara lain adalah:

PT Unilever Indonesia yang didirikan sejak tahun1933, tumbuh menjadi perusahaan penyedia produk konsumen yang memiliki peranan penting di Indonesia. Selain terkenal di Indonesia, merk Unilever juga terkenal sampai ke seluruh dunia, seperti: Lifebouy, Dove, Pepsodent, Clear, Rinsi, Molto, Rexona, Ponds, Blue Band, Sariwangi, Taro, Royco Kecap Bago, Ice Cream, Wall’s dan masih banyak sederet merk lainnya yang sangat akrab dengan kehidupan kita.

Posisi PT Unilever yang kuat sebagai pemimpin pasar sudah diakui dengan banyaknya penghargaan baik tingkat nasional maupun regional. Melalui brand-brand yang dikeluarkannya, perusahaan ini kembali membuktikan keunggulannya dengan menerima penghargaan Packaging Consumer Branding Award tahun 2005. Dalam pengertian dan macam-macam PT Unilever kita perlu mengetahui beberapa PT dibawah PT Unilever.

Pertama, PT Anugrah Lever, didirikan pada tahun 2000 ini bergerak dalam bidang pembuatan, pengembangan, pemasaran dan penjualan barang. Barang-barang yang diproduksi antara lain adalah kecap, saus dengan merk dagang seperti Parkiet, Bango dan lain lain.

Kedua, PT Technopia Lever, didirikan pada tahun 2002 begerak di bidang pendistribusian, kegiatan ekspor dan impor barang. Merk yang digunakan adalah Domestos Nomis. Dan PT Khoor Indonesia, diakuisasi pada tahun 2004.

Ada juga PT Unilever memiliki stategi dan sasaran jangka panjang maupun strategi fungsional. Agar sasaran yang menjadi tujuan dapat diraih berbagai macam program, diantaranya adalah:

Kampanye mencuci tangan sendiri dengan sabun (Lifebouy), program pendidikan mengenai kesehatan mulut dan gigi (Pepsodent), pelestarian masakan tradisional Indonesia (kecap Bango) dan program memerangi kelaparan dan bantuan untuk anak Indonesia yang mengalami kekurangan giji (Blue Band).

Demikian uraian singkat mengenai pengertian dan macam-macam PT Unilever yang familiar di kehidupan sehari-hari. Semoga dapat menambah informasi dan bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Seputar Selebriti Hollywood - Pelajaran Emma Watson di Sekolah
Sebelumnya: Mengenal Pengertian dan Macam-macam Ideologi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar