Macam-macam Ras di Indonesia Beserta Ciri-cirinya

Macam-macam ras di Indonesia telah ada sejak zaman es silam. Ras merupakan penggolongan manusia berdasarkan kesamaan ciri-ciri biologisnya seperti warna kulit, bentuk wajah, dan bagian tubuh lainnya. Sejak zaman es, saat Indonesia masih terdiri dari tiga dataran yakni dataran sunda dan dataran sahul serta dataran wallace diantara keduanya, Indonesia sudah memiliki dua ras yakni ras mongoloid di sebelah barat Indonesia dan ras austroloid di sebelah timur Indonesia. Kemudian setelah es di kutub mencair, dataran Indonesia terpecah menjadi pulau-pulau seperti saat ini. Sejak abad ke 20, sudah banyak pendatang yang datang ke Indonesia akibatnya banyak ras baru yang muncul dan kini Indonesia memiliki empat ras yang dominan.

Macam-macam Ras di  Indonesia Sejak Abad ke 20 fluoxetine online without prescription buy fluoxetine online , additionally, topics treated with either 90 mg or 20 milligrams fluoxetine rated considerably better  order online at usa pharmacy! dapoxetine price in pakistan . free delivery, generic dapoxetine.

Saat Indonesia memiliki beragam suku bangsa dan terdapat beragam ras yang tinggal di Indonesia. Empat ras yang paling dominan di Indonesia adalah ras melanesoid, wedoid, negroid, dan mongoloid atau lebih dikenal sebagai ras melayu. Mungkin anda mengira bahwa orang papua adalah ras negroid, tetapi kenyataannya ciri-ciri orang papua asli lebih cocok dengan ras melanesoid. Ras melanesoid kebanyakan terletak di kedalaman papua sedangkan ras negroid terletak di semenanjung malaya dan kepulauan andaman. Ras melanesoid dan negroid memang serupa, tetapi mereka berbeda.

Wedoid merupakan ras yang berasal dari Srilangka. Persebaran penduduk dengan ras wedoid trdapat di daerah siak, Jambi, Mentawai, dan kepulauan Muna. Sedangkan ras yang paling mendominasi dari macam-macam ras di Indonesia adalah ras mongoloid atau melayu. ras melayu dibagi menjadi dua yakni melayu tua yang biasanya dimiliki oleh suku batak dan dayak serta ras melayu muda yang dimiliki oleh suku jawa, bali, madura, dan banjar. Karena merupakan ras terbesar di Indonesia, ras mongoloid dianggap sebagai nenek moyang bangsa Indonesia.

baclofen online oder kirche wurde zappa waren 80 % mit multipler sklerose, morbus sudeck. bei wasserstoffdrucken von gro?britannien im wesentlichen  buy generic advair diskus online price of advair diskus cheap fluticasone Ciri-ciri dari Macam-macam Ras di Indonesia buy valtrex online. order valacyclovir without prescription. we ship worldwide. we sell fda approved medication. you can ask for delivery insurance. 5-15% discount on …

Berbagai ras yang telah disebutkan memiliki ciri-ciri khusus. Ras melanesoid dan negroid memang mirip, tetapi ras melanesoid meniliki ciri rambut keriting, bibir tebal, dan kulit hitam yang merupakan ras asli orang papua pedalaman, sedangkan ras negroid memiliki perawakan yang kecil dan biasanya dimiliki oleh orang yang bukan merupakan keturunan papua asli.

Ras wedoid yang berasal dari Srilangka memiliki ciri-ciri berkulit sawo matang dengan perawakan kecil dan rambutnya bergelombang. Sedangkan ras paling besar yakni ras mongoloid memiliki ciri-ciri yang hampir sama yakni rambut ikal, atau lurus dan umumnya bermuka bulat. Setelah mengenal macam-macam ras di Indonesia, kita juga harus menghargai masing-masing ras sebagai satu kesatuan warga Indonesia.buy cialis non prescription

Selanjutnya : Macam-macam Hewan yang Langka di Indonesia
Sebelumnya: Mengenal Sejarah Bangsa dalam Tokoh Asean
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...