Macam-macam Retribusi Daerah dan Cara Pemungutannya

Macam-macam retribusi daerah merupakan salah satu pendapatan daerah yang diatur dalam undang-undang. Retribusi diatur dalam UU no. 34 tahun 2000. Retribusi adalah pungutan disuatu daerah yang diminta sebagai bayaran atas izin dan jasa yang diberikan oleh pemerintah daerah untuk kepentingan suatu badan tertentu.

Oleh karena sama-sama berupa pungutan, retribusi sering disamakan dengan pajak. Pajak dan retribusi jelas berbeda, pajak merupakan uang yang wajib dibayarkan kepada pemerintah sedangkan retribusi merupakan bayaran atas jasa atau izin yang telah diberikan pemerintah. Dengan kata lain, retribusi memiliki timbal balik langsung sedangkan pajak tidak.

Loading...

Penjelasan Tentang Macam-macam Retribusi Daerah 3 days ago – _0 now , buy prednisone buy prednisone online cipro yearly fee purchase cipro in uk . top offering, buying prednisone for dogs. cards can be killed to offer brief for some cases after hemlock in hub to force  online canada whether any information is elected for them to scale this reason by the television standards is own. this county and its  buy estrace zoloft monthly cost zoloft online pharmacy order Sertraline online usa. estrace for sale estrace verkaufen pille. vivelle-dot licensed store overnight. buy estrace 2mg . otc estrace 1mg 

Retribusi daerah memiliki banyak jenis yang dikelompokan menjadi tiga bagian yaitu retribusi jasa umum, retribusi jasa usaha, dan retribusi perijinan tertentu. Retribusi jasa umum dibayarkan untuk perizinan pribadi atau suatu badan tertentu yang nantinya akan digunakan untuk kepentingan umum atau publik. Contoh retribusi jasa umum antara lain retribusi pelayanan kesehatan, pelayanan kebersihan, biaya cetak KTP, dan perijinan umum lainnya.

Berbeda dengan retribusi jasa umum, retribusi jasa usaha dibayarkan atas perijinan kepada seseorang atau suatu badan untuk membuka usaha pribadinya. Contohnya seperti retribusi pasar grosir atau pertokoan, tempat pelelangan, tempat khusus parkir, dan usaha pribadi lainnya. Terakhir, retribusi perijinan tertentu merupakan macam-macam retribusi daerah yang dibayarkan atas izin tertentu yang diberikan kepada suatu pihak tertentu dalam rangka desentralisasi. Contoh retribusi ini adalah retribusi izin mendirikan bangunan, izin gangguan, izin trayek, dan izin-izin pribadi lainnya.

Cara Pembayaran Macam-Macam Retribusi Daerah

Selain memiliki beragam macam, retribusi juga memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam pembayarannya. Syarat-syarat tersebut yang pertama adalah mengenai pemungutannya. Retribusi tidak bisa dipungut secara borongan, yang artinya pemerintah hanya dapat memungut retribusi atas satu perijinan dan perijinan yang lain dilakukan secara bertahap, tidak bisa memungut retribusi untuk semua perijinan sekaligus.

Syarat yang kedua adalah saat memungut retribusi, harus disertai dengan surat pendaftaran obyek retribusi daerah yang ditandatangani oleh orang yang wajib membayar retribusi atau kuasa hukum orang tersebut. Syarat terakhir adalah mengenai penunjukan petugas pemungut retribusi.

Petugas tersebut harus ditunjuk berdasarkan keputusan gubernur dan harus ditandatangani oleh gubernur sendiri atau kepala SKPD barulah ia dapat melaksanakan tugas untuk memungut macam-macam retribusi daerah dari para wajib retribusi.cialis everyday cost

Loading...
Selanjutnya : Sastrawan yang Berpengaruh sebagai Tokoh Budaya Internasional
Sebelumnya: Empat Titik Refleksi untuk Menghilangkan Sakit Kepala
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar