Macam-macam Software Aplikasi Desain Grafis


Kreativitas desainer grafis dibutuhkan untuk menghasilkan karya yang bernilai tinggi. Dari karya yang dihasilkan tersebut diharapkan pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik. Dengan adanya macam-macam software aplikasi desain grafis maka seorang desainer grafis lebih mudah menuangkan ide-idenya. Software desain grafis yang sering digunakan yaitu Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Freehand dan Adobe Ilustrator.

Pengertian Desain Grafis

Desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual menggunakan teks, gambar, atau keduanya untuk menyampaikan suatu pesan dan informasi dengan efektif. Desain grafis menerjemahkan suatu pesan dan informasi menjadi sebuah gambar atau teks yang komunikatif. Software desain grafis biasanya dipakai untuk membuat rancang bangun atau desain sebuah benda, ruangan, bangunan kota, dan peta kota.

Jenis-jenis Software Desain Grafis

Corel Draw merupakan software desain grafis yang digunakan untuk membuat desain poster, brosur, dan spanduk. Pembuatan tabloid, surat kabar, majalah, dan buku menggunakan software corel draw. Corel Draw sangat membantu pembuatan gambar, mewarnai, dan mengedit kreasi gambar.

Adobe Photoshop digunakan untuk memperbaiki gambar dan foto biasanya dipakai oleh jurnalis foto atau fotografer untuk mendapatkan hasil foto yang menghasilkan efek.Software ini paling canggih dan lengkap dalam mengolah gambar maupun foto bisa digunakan untuk manipulasi sebuah foto atau gambar.

Adobe Freehand digunakan untuk desain banner, brosur, undangan, layout buku, koran, dan majalah. Software ini membantu membuat grafik vektor 2 yaitu titik, garis, lengkungan, dan poligon untuk menghasilkan suatu gambar.
Adobe Ilustrator sebagai pelengkap desain grafis. Software ini merupakan salah satu andalan Adobe. Adobe Ilustrator digunakan untuk membantu mendesain spanduk, brosur dan logo.

Keunggulan dari software aplikasi desain grafis antara lain dapat membuat desain grafis yang menarik, mampu menghasilkan desain grafis yang bervariasi dan cara penggunaannya yang mudah sehingga dapat membuat desain grafis yang rumit serta dapat menggabungkan berbagai berkas.

Dengan adanya macam-macam software aplikasi desain grafis sangat membantu pekerjaan fotografer, jurnalis, desain interior, percetakan media massa, advertisement, arsitek. Selain itu, juga bagi mahasiswa yang sedang belajar membuat desain grafis.

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam software aplikasi desain grafis beserta fungsinya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Mempelajari Definisi Xampp dan PHP sebagai Dasar Belajar Xampp PHP
Sebelumnya: Perkembangan Televisi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar