Macam-macam Strategi Pembelajaran Ekspositori


“Kejarlah ilmu hingga ke negeri Cina” adalah pesan Nabi Muhammad kepada kaumnya sebagai penanda betapa pentingnya kewajiban menuntut ilmu bagi manusia. Salah satu metode belajar yang dikenal di dunia pendidikan adalah strategi pembelajaran ekspositori.

Definisi Metode pembelajaran Ekspositori

Pengertian metode pembelajaran ekspositori adalah metode pembelajaran yang mengutamakan penyampaian secara verbal dalam proses transfer ilmu dari guru kepada siswa dengan tujuan siswa dapat menguasai materi secara optimal, oleh karena itu strategi pembelajaran ekspositori disebut juga sebagai strategi pembelajaran langsung.

Prinsip metode ekspositori ada empat poin utama: berorientasi pada tujuan, mematuhi prinsip komunikasi, konsisten pada prinsip kesiapan, dan konsistensi prinsip berkelanjutan. Tujuan utama Ekspositori adalah pembelajaran melalui proses komunikasi penyampaian pesan dari seseorang kepada pihak lain/sekelompok orang. Agar Ekspositori dapat berjalan optimal maka kesiapan fisik maupun mental dari pengajar dan siswa adalah hal mutlak. Keberhasilan proses pengajaran tidak hanya berhenti dalam satu langkah namun perlu dijaga konsistensinya untuk berjalan berkelanjutan.

Metode pembelajaran ekspositori melalui tahapan prosedural tertentu untuk meraih hasil maksimal, yaitu: persiapan, penyajian, korelasi (menghubungkan keterkaitan pengetahuan yang telah diperoleh), mengambil kesimpulan dan penerapan. Kelebihan metode ekspositori adalah memberikan kesempatan bagi pengajar untuk menganalisa hasil pembelajaran terhadap siswa, dapat diterapkan pada sejumlah besar siswa, merupakan sistem pembelajaran gabungan penuturan dan observasi sementara kelemahannya adalah mengurangi sikap kiritis siswa, membatasi pengetahuan siswa akibat komunikasi satu arah, membatasi kemampuan siswa dalam bersosialisasi, keberhasilan metode ini sepenuhnya tergantung kepada fleksibilitas pengajar dalam mentransfer ilmu serta kemampuan siswa dalam menyerap materi.

Strategi dalam proses pembelajaran ekspositori pada umumnya dilandasi oleh ketiga hal berikut ini: pertama, penyampaian materi pelajaran dilakukan secara verbal artinya meski kadang diselingi dengan observasi dan praktikum, bahasa lisan menjadi sarana utama komunikasi. Kedua, ilmu atau materi yang diajarkan biasanya merupakan konsep dasar, data, fakta yang telah terjadi sehingga tidak memerlukan analisa data lebih jauh lagi.

Ketiga, tujuan utama metode ini adalah mewajibkan siswa untuk memahami dan mampu mengungkapkan kembali materi yang telah diajarkan. Kewajiban siswa dan guru pada metode ekspositori adalah selalu berusaha meningkatkan kemampuan dalam menyampaikan dan menerima pelajaran serta mengoptimalkan waktu di luar jam belajar sekolah untuk meningkatkan kemampuan pendalaman materi agar macam-macam strategi pembelajaran ekspositori dapat meraih hasil seperti yang diharapkan.

Selanjutnya : Serba-serbi Anak Punk
Sebelumnya: Sejarah Singkat Negara Pakistan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar