Macam-Macam Strategi Pembelajaran


Strategi pembelajaran merupakan strategi atau teknik yang harus dimiliki oleh para pendidik maupun calon pendidik. Hal tersebut sangat dibutuhkan dan sangat menentukan kualifikasi atau layak tidaknya menjadi seorang pendidik, karena proses pembelajaran itu memerlukan suatu seni, keahlian dan ilmu guna menyampaikan materi kepada siswa sesuai tujuan, efesien, dan efektif.

Macam-macam strategi dalam belajar tidak hanya satu saja melainkan banyak, dan strategi-strategi tersebut tergantung penggunaannya. Setiap strategi itu mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing.
Berikut macam-macam strategi dalam pembelajaran, dia ntaranya:

1. Ekspositori

Merupakan strategi yang sering dan populer digunakan, strategi ini merupakan strategi ceramah atau satu arah. Dalam strategi ini, guru menyampaikan materi dan siswa mendengarkan dengan seksama materi tersebut. Strategi ini terkadang sangat membosankan jika hal yang disampaikan tidak variatif, dan tidak jarang siswa mengantuk, bahkan tertidur di kelas.

2. Berbasis media

Merupakan strategi yang penggunaannya dilakukan dengan mengkombinasikan media pembelajaran, baik itu berupa media elektronik, cetak, temple, atau lainnya.

3. Berbasis proyek

Merupakan strategi yang pelaksanaannya dengan memberikan tugas pada peserta didik yang berbasis penelitian atau tugas akhir yang biasanya dilakukan secara kelompok, tapi juga tidak menutup kemungkinan secara sendiri-sendiri.

4. Berbasis Diskusi

Merupakan strategi yang diterapkan dengan jalan diskusi. Biasanya guru memberikan sebuah atau beberapa pertanyaan untuk didiskusikan, dipresentasikan, lalu diberi komentar dan masukan sebelum dibenarkan. Biasanya strategi berbasis diskusi ini dilakukan dalam kelompok, baik kelompok kecil ataupun kelompok besar.

5. Berbasis Permainan

Strategi berbasis permainan ini bisa tergolong strategi yang sangat disukai oleh peserta didik, terutama peserta didik tingkat TK dan SD. Karena dengan bermain, dapat memunculkan kreatifitas peserta didik.

Selain lima strategi pembelajaran di atas, sebenarnya masih banyak lagi,  di antaranya dengan berbasis kuis, berbasis masalah, berbasis komputer dan elektronika, dan lain sebagainya.

Penggunaan strategi dalam proses pembelajaran perlu memperhatikan dan mempertimbangkan berbagai hal agar penyampaiannya sesuai dan dapat diterima oleh peserta didik dengan baik dan penuh perhatian. Hal-hal yang perlu diperhatikan seperti:

1. Bagaimana karakter yang dimiliki oleh peserta didik
2. Bahan-bahan belajar yang tersedia
3. Berapa peserta didik dalam satu kelas
4. Penggunaan waktu
5. Situasi dan kondisi kelas saat proses belajar, apakah dalam situasi yang kondusif atau tidak.

Jadi sebagai pendidik atau calon pendidik, harus banyak menguasai strategi pembelajaran agar dalam proses pembelajaran tergolong sebagai pendidik yang professional dan ahli.

Selanjutnya : Teori Kepemimpinan Manajerial
Sebelumnya: Mengobati Cacar Air Secara Tradisional
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar