Macam-macam Suku Bangsa yang Sudah Punah di Dunia


Terdapat macam-macam suku bangsa yang tersebar di seluruh dunia. Beberapa di antaranya memiliki populasi yang sangat besar. Namun, ada pula beberapa suku yang saat ini sudah punah, keberadaan generasi penerusnya tak terlacak lagi oleh sejarah.

Suku Bangsa yang Sudah Punah

Berikut ini beberapa suku bangsa yang sudah punah di dunia.

Pertama, Suku Beothuk. Suku Beothuk adalah suku yang mendiami kawasan Newfoundland, Kanada, benua Amerika, beribu-ribu tahun sebelum bangsa Eropa datang. Ketika bangsa Eropa mulai berdatangan ke Newfoundland dan mengeksploitasi hutan, sungai, dan laut di sana, suku ini terusir dari tempat tinggal asli mereka.

Hal itu, diperparah dengan meluasnya penyakit tuberkulosis dan malaria yang berkembang dalam kelompok suku tersebut, menyebabkan populasi Suku Beothuk semakin sedikit. Hingga pada tahun 1829, atau hamper sekitar dua abad lalu, sudah tidak ditemukan lagi anggota Suku Beothuk yang hidup.

Kedua, Suku Chisca. Suku Chisca adalah suku yang mendiami daerah Tennessee bagian timur dan Virginia bagain barat daya. Suku ini punah akibat anggota sukunya banyak yang mati ketika berperang dengan bangsa Eropa. Pada akhit tahun 1970-an, suku ini bergabung dengan Suku Shawnee dan membentuk suku baru, yaitu Suku Chaskepe. Sisa-sisa suku ini yang masih tersisa kemudian punah karena kota tempat tinggal mereka dibakar oleh orang Eropa.

Ketiga, Suku Aborigin Tasmania. Suku Aborigin Tasmania adalah suku asli yang mendiami Pulau Tasmania di Australia. Suku ini mulai terancam keberadaannya ketika orang Inggris mulai berdatangan ke Australia. Ketika terjadi perang antara suku ini dengan orang Inggris pada tahun 1828 hingga 1832, populasi suku ini semakin sedikit saja. Ketika kemudian sebuah wabah penyakit menyerang, orang-orang yang tersisa di suku ini matia dan menyebabkan kepunahan Suku Aborigin Tasmania ini.

Sejatinya, masih ada sekian suku lain yang juga mengalami kepunahan, semisal Suku Ona dikawasan Amerika Selatan (dahulu berada di Argentina dan Chili), atau Suku Powhatan dan Suku Mandan yang ada di Amerika Serikat. Macam-macam suku bangsa ini punah karena beberapa faktor, diantaranya penyakit menular dan upaya pembasmian mereka oleh pemerintah yang berkuasa.

Selanjutnya : Penyakit Kulit Seperti Cacar di Kulit dan Alat Kelamin
Sebelumnya: Kekuasaan Presiden dalam Ketatanegaraan dari Kabinet Parlementer ke Kabinet Presidensial
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar