Macam Macam Tari Tradisional yang Ada di Negara Kamboja


Macam macam tari tradisional yang ada di negara Kamboja pada dasarnya dapat dibagi menjadi tiga kategori luas. Kategori pertama adalah yang mengambil kelahiran dikaum bangsawan keraton kerajaan dan dikenal sebagai tarian klasik. Lalu ada adalah tarian rakyat yang berfungsi sebagai media cerita pertunjukan kehidupan sehari-hari. Kategori ketiga adalah tarian vernakular yang disiapkan dan disediakan untuk acara-acara khusus.

Ada kesamaan yang kuat antara apa yang dikenal sebagai tarian khmer klasik dan tarian tradisi dipraktekkan di Thailand dan Laos. Kenapakhmer, karena menunjukkan adanya satu rumpun tarian antara bangsa bangsa di wilayah Utara Asia Tenggara-Indochina, dari Laos, Vietnam, Kamboja, Myanmar, dan Thailand. Bentuk tarian nya unik dan sebenarnya memiliki rantai yang tak terputus dari riwayat yang menunjukkan akar dari bentuk tari periode Kerajaan Angkor.

Catatan paling awal dari tarian klasik Kamboja dapat ditelusuri kembali ke abad ketujuh. Tarian ini dilakukan sebagai bagian dari upacara pemakaman ketika raja raja mereka meninggal. Praktek ini masih lazim di Kamboja hingga hari ini. Kuil-kuil dan prosesi keagamaan lainnya adalah tahap utama di mana tari klasik Kamboja berkembang selama periode Angkor. Para penari kuil memiliki nama khusus, dan dilatih sejak kecil dan dianggap sebagai penghibur terhormat dan utusan dari keilahian.

Gaya tari klasik ini lalu mendapat masa buruk dan dan direndahkan selama pengambilalihan rezim khmer merah. Dan selama waktu ini terjadi eksekusi massal para penari klasik yang berlangsung untuk mengakhiri praktek yang dituding kaum komunis sebagai sisa aristokrat. Dikatakan bahwa lebih dari sembilan puluh persen dari para penari klasik Kamboja dieksekusi selama kekuasaan rezim komunis ini berkuasa. Mereka yang berhasil selamat menghabiskan hidup mereka bersembunyi di koloni mana mereka diam-diam bisa berlatih bentuk tarian yang ada.

Gaya dari macam macam tari tradisional yang ada di Negara Kambojaberkisar pada gerakan yang sangat anggun dan gerak tubuh minimal. Gerakan-gerakan ini digunakan untuk bercerita tanpa benar-benar menggunakan kata-kata seperti yang mereka lakukan dalam kinerja mime. Ini adalah gaya bercerita yang menggelitik intelek dan memicu imajinasi.

Dalam beberapa hal tarian khmer klasik memiliki kemiripan tertentu dengan balet Prancis. Karenadilakukan dari kecil untuk membentuk keseimbangan tubuh untuk menjadi penari klasik yang benar benar ahli,sehingga mereka mampu membuat semua gerakan fleksibel tarian dengan sempurna.

Selanjutnya : Jenderal S. Parman dan Peristiwa Kudeta 1965
Sebelumnya: Jamur Penyakit pada Tumbuhan Padi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar